Ratusan Personel TNI dari Yonif Raider 300/Brajawijaya Diberangkatkan ke Papua, untuk Apa?

Sebanyak 450 personel TNI dari Yonif Raider 300/Brajawijaya diberangkatkan menuju Papua.

Kompas.com/Firman Taufiqurrahman
Sebanyak 450 prajurit Raider 300/Brajawijaya Cianjur, Jawa Barat diberangkatkan ke wilayah Papua 

TRIBUNPAPUA.COM - Sebanyak 450 personel TNI dari Yonif Raider 300/Brajawijaya diberangkatkan menuju Papua.

Pemberangkatan melalui sebuah upacara pelepasan untuk melakukan tugas pengamanan tapal batas (pamtas) Republik Indonesia-Papua Niugini (RI-PNG).

Pelaksana Tugas Bupati Cianjur Herman Suherman didapuk menjadi inspektur upacara yang digelar di lapangan Yonif Raider 300/Brajawijaya, Jalan Aria Wiratanudatar, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (26/7/2019).

Upacara dihadiri jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kabupaten Cianjur, istri, dan anak para prajurit, serta keluarga besar batalyon.

Herman Suherman menuturkan, tugas dan pengamanan perbatasan merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara.

Kapendam XVII/Cendrawasih Duga Kelompok Separatis Papua Berbaur di Tengah Masyarakat

“Tugas TNI memang berat, namun berikan yang terbaik, tunjukkan kemampuan TNI, jaga harkat martabat Indonesia dalam rangka pengamanan perbatasan wilayah. Insya Allah 450 (orang) yang berangkat, pulangnya nanti juga 450,” ujar Herman.

Komandan Yonif Raider 300/Brajawijaya Mayor Inf Ary Sutrisno menyebutkan, seusai prosesi upacara, pasukannya akan langsung bergerak menuju pelabuhan Kolinlamil Jakarta untuk selanjutnya diberangkatkan ke Papua melewati jalur laut menggunakan KRI Banda Aceh.

“Saya selaku komandan Yonif mewakili seluruh prajurit meminta restu dari seluruh masyarakat Cianjur untuk keberhasilan tugas kami nanti di Papua," kata Ary kepada wartawan, Jumat.

Sementara Komandan Kodim 06/08 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, pihaknya akan menjaga para keluarga prajurit selama mereka mengemban tugas negara di wilayah Papua.

“Jangan khawatir dengan keluarga yang ditinggalkan. Kami akan perhatikan dan jaga mereka karena sudah menjadi tanggung jawab kami di sini,” ucap Rendra.

TNI Beberkan Sejumlah Dugaan soal Sumber Senjata dan Amunisi Milik Kelompok Separatis Papua

Prajurit Raider 300 Brajawijaya Cianjur, Jawa Barat melakukan yel-yel penyemangat sebelum diberangkatkan ke wilayah Papua untuk melakukan Pamtas RI-Papua Nugini
Prajurit Raider 300 Brajawijaya Cianjur, Jawa Barat melakukan yel-yel penyemangat sebelum diberangkatkan ke wilayah Papua untuk melakukan Pamtas RI-Papua Nugini (Firman Taufiqurrahman)

Jaga kedaulatan NKRI

Beberapa waktu sebelumnya dalam apel pengecekan pasukan di lokasi yang sama, Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen Ganip Warsito mengatakan, pasukan Raider 300/Brajawijaya siap menjalankan tugas menjaga kedaulatan negara di wilayah paling timur Indonesia itu.

Hal itu terlihat dari aspek personel, baik kualitas maupun kuantitas dan dari aspek material, seperti senjata dan perlengkapan lain.

"Termasuk tingkat latihan yang sudah mereka lakukan, saya menyatakan satuan ini siap diberangkatkan untuk melakukan tugas operasi,” tutur Ganip, beberapa waktu lalu.

Ganip berpesan, prajurit TNI di mana pun bertugas dan berada selalu berpegang teguh pada saptamarga, sumpah prajurit, dan delapan wajib TNI.

Media Asing Al Jazeera Ikut Soroti Konflik Berkepanjangan di Nduga Papua

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved