Breaking News:

Egianus Kogoya Disebut Masih Remaja, TNI Anggap Tidak Mungkin karena Alasan Ini

Beberapa waktu lalu, pemimpinan Organisas Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Nduga, Papua, Egianus Kogoya disebut masih berusia 17-18 tahun.

Kompas.com/Istimewa
Sosok Egianus Kogoya (dilingkari) yang dianggap oleh TNI/Polri sebagai orang yang paling bertanggungjawab terhadap berbagai aksi penembakan di Kabupaten Nduga, Papua 

TRIBUNPAPUA.COM - Beberapa waktu lalu, pemimpinan Organisas Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Nduga, Papua, Egianus Kogoya disebut masih berusia 17-18 tahun.

Hal itu disampaikan oleh Victor Mambor, jurnalis senior di Papua yang mengaku sempat bertemua Egianus Kogoya pada Januari 2019 di Distrik Mbua.

Menanggapi hal tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih menilai hal tersebut tidak mungkin karena mayoritas anggota OPM usianya jauh di atas itu. 

Namanya Muncul saat Konflik Nduga hingga Disebut Berperawakan Muda, Siapa Sebenarnya Egianus Kogoya?

"Kalau sosoknya (Egianus Kogoya) seperti umur 17-18 tahun, secara tinjauan psikologis, usia 17-18 itu tidak mempunyai kemampuan untuk memimpin orang-orang yang usianya jauh di atas," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, di Jayapura, Senin (5/8/2019).

Sosok Eginaus dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab terhadap setiap aksi penembakan yang terjadi di Nduga.

Melihat aksi-aksi yang dilakukan kelompok tersebut, Dax yakin bila Egianus memiliki cukup pengalaman.

Konflik TNI dan KKB di Papua: Egianus Kogoya Diminta Serahkan Diri hingga 8000 Warga Mengungsi

"Tentu kalau usianya sekitar itu (17-18 tahun) tentu pengalamannya sangat minim. Di organisasi kriminal seperti itu, pengalaman merupakan modal seorang pemimpin," kata dia.

Terlebih, ada beberapa bukti video yang memperlihatkan anggota OPM di Nduga tengah melakukan aksi penembakan dari dalam hutan.

Dari video tersebut, diyakini penembakan selalu dilakukan orang dewasa.

"Rata-rata yang melakukan orang dewasa, dari video terlihat yang melakukan bukan anak-anak remaja," tutur dia.

Sampaikan Salam ke Egianus Kogoya, Pangdam Cenderawasih: Segera Gabung ke NKRI

Terkait dengan informasi banyaknya anak-anak yang direkrut menjadi anggota OPM di Nduga, Dax tidak bisa membantah hal tersebut.

Namun, ia meyakini keterlibatan anak-anak tersebut hanya sebatas sebagai simpatisan dan lebih digunakan untuk alat propaganda di media.

"Kalau dibilang simpatisan mungkin iya, karena di usia seperti itu, mereka umumnya masih labil," kata dia.

(Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Egianus Kogoya Disebut Masih Remaja, Ini Tanggapan TNI

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved