Kembangkan Pariwisata, Bappenas Dorong Diadakannya Acara Rutin di Papua

Kementerian PPN/Bappenas berencana mengembangkan pariwisata Papua dengan mendorong digelarnya event reguler, seperti festival Lembah Baliem.

Kembangkan Pariwisata, Bappenas Dorong Diadakannya Acara Rutin di Papua
www.papua.go.id
Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas, Velix Wanggai di Jayapura, Kamis (8/8). 

TRIBUNPAPUA.COM - Kementerian PPN/Bappenas berencana mengembangkan pariwisata Papua dengan mendorong digelarnya event reguler, seperti festival Lembah Baliem dan Teluk Humbold guna membuka sektor-sektor baru guna mendatangkan pemasukan bagi daerah.

Dikutip TribunPapua.com dari laman resmi Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (9/8/2019), hal itu disampaikan oleh Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas, Velix Wanggai di Jayapura, Kamis (8/8/2019).

"Nanti Bappenas bakal buat satu kalender event reguler dengan memunculkan destinasi wisata priositas di Papua. Ini tujuannya agar perekonomian Papua bisa lebih berkembang di masa mendatang," terang Velix.

Klarifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Mamberamo Raya Terkait Aksi Mogok Kerja Guru karena Gaji

Selain sektor pariwisata, Bappenas juga melirik sektor baru lainnya, seperti pengembangan pertanian, perkebunan dan industri baru di Papua.

Harapannya, terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi antara antara wilayah Jawa dan Indonesia bagian timur.

"Makanya, untuk sektor industri kami di pusat berkeinginan mendorong wilayah Sorong Selatan, Teluk Bintuni, dan Timika," ujarnya.

Terkait Aksi Mogok Kerja, Dinas Pendidikan Mamberamo Raya Bantah Tak Bayar Gaji Guru

"Kemudian industri pertanian di Merauke yang harapannya bisa membuka pasar-pasar ke luar daerah. Sebab sentra produksi industri pangan di Merauke saja, bisa didorong supaya ada pemasaran ke wilayah pasifik," terangnya.

Sebelumnya, Velix dalam kunjugannya ke Jayapura, menyasar generasi milenial bumi cenderawasih untuk mewujudkan Subtainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs/TPB) di Provinsi Papua.

Menurutnya, keinginan melibatkan kaum muda dikarenakan masa depan bangsa Indonesia ke depan, berada di tangan para generasi milenial.

(TribunPapua.com)

Penulis: Sigit Ariyanto
Editor: mohamad yoenus
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved