Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Kerusuhan di Jayapura, Wiranto: Saya Dapat Laporan Massa Bakar Gedung MRP dan Menjebol Rumah Tahanan

Laporan yang diterima Wiranto, massa di Jayapura melakukan aksi anarkis dengan membakar Gedung Majelis Rakyat Papua hingga menjebol rumah tahanan.

Editor: Astini Mega Sari
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Menkopolhukam Wiranto. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto sudah menerima kabar adanya kerusuhan di Jayapura setelah sebelumnya juga terjadi kericuhan dalam aksi unjuk rasa di Deiyai, Papua.

Laporan yang diterima Wiranto, massa di Jayapura melakukan aksi anarkis dengan membakar Gedung MRP (Majelis Rakyat Papua) hingga menjebol rumah tahanan.

“Saya dapat laporan aksi demo dari Abepura ke Jayapura sudah sampai membakar Gedung MRP dan menjebol rumah tahanan. Padahal itu semua dibangun dari uang rakyat, yang rugi rakyat sendiri,” ungkap Wiranto ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).

Sebagian Jayapura Gelap Gulita karena Listrik Padam Pasca-Kerusuhan

Wiranto mengakui dalam beberapa hari terakhir ini dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk menghadirkan solusi yang tepat mengakhiri kericuhan di Papua.

Mantan Panglima TNI itu memastikan pemerintah dan Presiden Jokowi tidak mendiamkan aspirasi masyarakat Papua dengan terus memikirkan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah di Papua.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto ((Fabian Januarius Kuwado))

Situasi Kerusuhan di Jayapura Berangsur Reda, Massa Mulai Terpecah

“Beberapa hari ini Presiden memanggil kami untuk menyelesaikan masalah secara baik. Beliau berjanji akan segera ke Papua dan Papua Barat apabila provokasi sudah selesai.”

“Kemarin saya sudah ke Papua dan bisa berbicara dengan baik bersama tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda setempat. Asal kita tak emosi dan jujur maka orientasi kita tetap pada persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Kondisi terkini kerusuhan di Jayapura, aktivitas lumpuh, massa menuju kantor Gubernur Papua.
Kondisi terkini kerusuhan di Jayapura, aktivitas lumpuh, massa menuju kantor Gubernur Papua. ((TRIBUNNEWS/Banjir Ambarita))

Sebelumnya Wiranto mengatakan pemerintah masih melakukan pemblokiran jaringan internet di Papua sampai kondisi di bumi Cendrawasih aman.

Wiranto menegaskan hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah propaganda berita bohong yang menyerang pemerintah.

Aksi Protes di Jayapura Berlangsung Anarkis, Massa Bakar Kantor Telkom dan Lempari Hotel

“Saya tidak akan ragu-ragu memblokir internet jika sudah membahayakan kepentingan nasional, sampai kapan? Ya sampai aman,” ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved