Kerusuhan di Papua

Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik Dampak Aksi Massa di Jayapura

TRIBUNPAPUA.COM - Layanan seluler XL Axiata mengalami gangguan menyusul aksi massa di Jayapura, Papua, yang masih berlangsung hingga pagi ini.

Layanan SMS dan Telepon XL di Papua Terganggu karena Pemadaman Listrik Dampak Aksi Massa di Jayapura
(Dok. XL)
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS di daerah Labuhan Badas, Sumbawa Besar. Senin (26/8). 

TRIBUNPAPUA.COM - Layanan seluler XL Axiata mengalami gangguan menyusul aksi massa di Jayapura, Papua, yang masih berlangsung hingga pagi ini, Jumat (30/8/2019).

Namun, operator seluler tersebut mengatakan tidak dengan sengaja mematikan jaringan telepon maupun SMS.

Gangguan disebabkan oleh faktor lain, yakni aliran listrik yang terputus.

"Tidak terhubungnya SMS dan telepon dikarenakan beberapa BTS mengalami pemadaman listrik di area Jayapura," ujar Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata, melalui keterangan tertulis kepada KompasTekno.

Polri Patroli Siber Cegah Penyebaran Konten Provokatif Terkait Rusuh di Jayapura Papua

XL tidak menjelaskan BTS mana saja persisnya di Papua yang terdampak oleh pemadaman listrik. Namun, disebutkan bahwa BTS yang aliran listriknya tidak putus masih bisa beroperasi seperti biasa.

Upaya untuk mengembalikan layanan agar berfungsi normal akan dilakukan begitu akses ke lokasi dibuka dan situasi keamanan mulai kondusif.

"Tim kami di lapangan akan segera memobilisasi genset (untuk BTS) agar layanan dapat kembali normal," ujar Ayu.

Tak ada kebijakan pemutusan

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan tidak ada kebijakan pemutusan sementara layanan suara di Papua, hanya layanan data internet saja yang dibatasi.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura," demikian pernyataan resmi Rudiantara.

Halaman
12
Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved