Kerusuhan di Papua

Penyebab Telekomunikasi di Jayapura Lumpuh, Menkominfo: Kabel Optik Dipotong

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel di Jayapura, Papua.

Penyebab Telekomunikasi di Jayapura Lumpuh, Menkominfo: Kabel Optik Dipotong
(TRIBUNNEWS/Banjir Ambarita)
Kondisi terkini kerusuhan di Jayapura, aktivitas lumpuh, massa menuju kantor Gubernur Papua. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel di Jayapura, Papua.

Ini yang menjadi penyebab matinya seluruh layanan telekomunikasi di Jayapura, Papua.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi," ujar Rudiantara saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (29/8/2019).

Rudiantara mengatakan, Telkomsel sedang berusaha memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara (telepon) dan SMS bisa segera difungsikan. 

Jumat Pagi Hari Ini, Layanan Seluler di Jayapura Papua Masih Gangguan

Kominfo juga berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka.

Terpisah, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan menambahkan, tidak ada pemutusan telekomunikasi. Yang terjadi, kata dia, kabel antar-base tranceiver station (BTS) dibakar massa.

"Dari laporan operator, kabel koneksi antar-BTS dibakar massa. Ini yang mengakibatkan jaringan selular mati. Ada 313 BTS yg tidak berfungsi," ujarnya, Kamis malam.

Sebelumnya diberitakan, massa di Kota Jayapura, Papua, kembali menggelar unjuk rasa, menyikapi dugaan tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/8/2019).

Rusuh di Jayapura hingga Komunikasi Lumpuh, Menkominfo: Ada yang Potong Kabel Utama Jaringan Optik

Namun, sebelum massa melakukan orasi, situasi malah memanas. Situasi pun berubah rusuh. 

Massa membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) dan menjebol Lembaga Pemasyarakatan Abepura.

Kemudian, massa merusak pertokoan di Abepura, serta membakar pertokoan di kawasan Entrop, hingga membakar mobil dan perkantoran di Kota Jayapura.

Kerusuhan Pecah di Sejumlah Titik di Papua, Ini yang Terjadi di Manokwari hingga Jayapura

Massa juga membakar kantor Telkom, kantor pos, dan sebuah SPBU yang berjejer di samping kantor BTN di Jalan Koti, Jayapura.

Kantor Telkom Jayapura juga menyatu dengan kantor Grapari Telkomsel. Grapari adalah pusat pelayanan bagi pelanggan Telkomsel, jaringan telekomunikasi seluler utama di sana sampai saat ini.

(Amir Sodikin, David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkominfo: Telekomunikasi di Jayapura Mati karena Kabel Optik Dipotong"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved