Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Pemerintah Akan Buka Blokir Internet di Sebagian Wilayah Papua Mulai Rabu (4/9/2019) Besok

Rudiantara menyebut pemerintah akan mulai membuka blokir internet di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat mulai Rabu (4/9/2019) besok.

TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara berikan keterangan mengenai pencegahan perang Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA) melalui media sosial, di Gedung Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016). 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut pemerintah akan mulai membuka blokir internet di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat mulai Rabu (4/9/2019) besok.

"Besok secara bertahap kita bisa lakukan," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Rudiantara mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak aparat keamanan dan intelijen terkait kabupaten/kota mana saja yang sudah relatif aman untuk dibuka akses internetnya.

Wiranto Sebut Pemblokiran Internet di Papua Akan Dicabut 5 September Mendatang Jika Kondusif

Ia menargetkan malam ini sudah mendapatkan data-data lengkap.

"Sehingga secara bertahap besok sudah bisa dilakukan, diaktifkan kembali layanan datanya di beberapa kabupaten kota," kata dia.

Rudiantara berharap pada akhirnya blokir internet di wilayah Papua dan Papua Barat bisa dibuka secara keseluruhan. Namun hal itu tergantung pada penilaian apart kemanan dan intelijen.

Akui Pembatasan Internet Picu Aksi Anarkis, Polri: Kalau Enggak Diblokir, Tambah Lebih Parah Lagi

"Lihat kondisi di lapangan dong. Saya berharap lebih kondusif karena upaya upaya dilakukan terus. Kapolri sama Panglima saja ngantor di sana. Itu kan menunjukkan keseriusan kita mengatasi masalah Papua," ujarnya.

Internet di wilayah Papua dan Papua Barat sebelumnya diblokir oleh pemerintah sejak dua pekan lalu pasca-kerusuhan di sejumlah wilayah di Bumi Cenderawasih.

Soal Blokir Internet di Papua, Dewan Pers: Justru Timbulkan Kebingungan untuk Akses Info yang Benar

Kericuhan itu dipicu insiden rasisme yang dilakukan oknum aparat dan warga terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

Pemerintah beralasan memblokir internet untuk menghindari penyebaran hoaks yang dapat memprovokasi warga.

(Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Buka Blokir Internet di Sebagian Wilayah Papua Mulai Besok"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved