Kerusuhan di Papua

Penjagaan Lapas di Sluruh Papua Diperketat Pasca-Kerusuhan di Jayapura

Pascakerusuhan yang terjadi di Kota Jayapura pada 29 Agustus, penjagaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Papua diperketat.

Penjagaan Lapas di Sluruh Papua Diperketat Pasca-Kerusuhan di Jayapura
(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Seusai kerusuhan di Kota Jayapura, Papua, pada 29 Agustus 2019, pada Sabtu (31/08/2019) pagi aktifitas masyarakat sudah mulai pulih. Pasar tradisional, SPBU mulai beroperasi. Masyarakat, petugas kebersihan hingga Polisi mulai melakukan aksi bersih-bersih di jalanan 

TRIBUNPAPUA.COM - Pascakerusuhan yang terjadi di Kota Jayapura pada 29 Agustus, penjagaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Papua diperketat.

"Tentunya iya, kita berkaca dari kejadian di Sorong (Napi) lari 250 orang lebih, kita tidak ingin di Papua terjadi seperti itu,' ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Papua, Iwan Santoso, di Jayapura, Minggu (8/9/2019).

Menurut dia, pada 29 Agustus sudah ada upaya pembobolan Lapas Abepura, namun beruntung aparat keamanan cepat datang sehingga aksi tersebut berhasil digagalkan.

Pertimbangan Polri Belum Tarik Personel BKO di Papua dan Papua Barat

Lapas di Papua berjumlah lima, dua di Jayapura, dan masing-masing satu di Mimika, Jayawijaya dan Nabire.

Dengan seluruh Lapas kini dalam kondisi overload, maka penjagaan dibantu oleh kepolisian.

"Makanya kami minta bantuan aparat keamanan karena kalau sendiri kami tidak mampu karena jumlahnya sudah terlalu overload," kata dia.

Terkait 4 narapidana (napi) yang kabur pada saat terjadi kerusuhan di Jayapura, Iwan mengakui hingga kini seluruhnya belum berhasil ditangkap.

Simon Patrice Morin: Kita Tak Punya Tokoh yang Mendalami Persoalan Papua seperti Gus Dur

"Mereka semua sekarang masuk DPO (daftar pencarian orang)," kata Iwan.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 4 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Abepura kabur saat terjadi kerusuhan massa di Jayapura, Kamis (29/8/2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto mengatakan, para napi tersebut kabur saat terjadi aksi pembakaran beberapa fasilitas di dalam Lapas.

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pascarusuh Jayapura, Penjagaan Lapas di Papua Diperketat

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved