Kerusuhan di Papua

Koalisi Masyarakat Sipil Papua Buka Posko Pengaduan untuk Korban Kekerasan dan Pelanggaran HAM

Koalisi Masyarakat Sipil Papua di Jayapura hari ini, Senin (9/9/2019) resmi membuka posko pengaduan untuk korban kekerasan dan pelanggaran HAM.

Koalisi Masyarakat Sipil Papua Buka Posko Pengaduan untuk Korban Kekerasan dan Pelanggaran HAM
Banjir Ambarita/Tribunnews.com
Kerusuhan di Jayapura Papua 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNPAPUA.COM, JAYAPURA -  Koalisi Masyarakat Sipil Papua di Jayapura hari ini, Senin (9/9/2019) resmi membuka posko pengaduan untuk korban kekerasan dan pelanggaran HAM di Tanah Papua yang terjadi sejak 19 Agustus 2019.

Posko pengaduan tersebut berada di kantor firma hukum AHIMSA di Jl. Raya Sentani, Padang Bulan – Abepura dengan Hotline 081247940004

Inisiatif ini ditempuh kelompok masyarakat sipil Papua setelah mendapatkan laporan maraknya intimidasi dan penutupan akses terhadap keluarga korban yang ingin mendapatkan informasi dan kejelasan terkait anggota keluarga mereka yang menjadi korban selama aksi kekerasan di Papua dan Papua Barat.

“Kami menghimbau para keluarga korban untuk melaporkan jika ada anggota keluarga mereka yang belum diketahui keberadaannya, termasuk korban luka-luka, salah tangkap dan mereka yang mengalami trauma sejak aksi kekerasan terjadi,” kata Baguma dari Bersatu Untuk Kebenaran (BUK) dalam rilisnya, Senin (9/9/2019).

Upaya ini juga dilakukan untuk mengimbangi informasi sepihak dari pihak aparat keamanan maupun pemerintah terkait adanya korban kekerasan di tanah Papua. 

Jadi Aktor Intelektual Kerusuhan Papua dan Papua Barat, Ini Peran FBK di Lapangan

Terlebih selama ini Informasi terkait korban semakin simpang siur akibat kebijakan pembatasan dan pemutusan akses internet di tanah Papua yang dilakukan oleh pemerintah hingga berhari-hari.

Tanggal 1 September 2019 lalu, kepolisian telah mengeluarkan data dengan sangat rinci terkait kerusakan dan kerugian material akibat aksi unjuk rasa pada 29 Agustus di Jayapura. 

Anehnya, informasi mengenai korban luka-luka dan meninggal tidak disampaikan dalam pengumuman tersebut, sementara Koalisi Masyarkat Sipil Papua telah menerima informasi tentang adanya korban luka maupun jiwa dari warga sipil dalam peristiwa yang terjadi di Jayapura.

Baca: Aktor Intelektual Kerusuhan Papua Ditangkap saat Berangkat ke Wamena

Halaman
12
Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved