Kerusuhan di Papua

Sebut Mahasiswa Papua dan Papua Barat Pulang akibat Kabar Burung, Wiranto: Itu Hoaks

Wiranto menyebutn bahwa penyebab pulang kampungnya ratusan mahasiswa Papua dan Papua Barat ke daerah asal mereka dikarenakan kabar burung atau hoaks.

Sebut Mahasiswa Papua dan Papua Barat Pulang akibat Kabar Burung, Wiranto: Itu Hoaks
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto memimpin rapat koordinasi (Rakor) tingkat menteri, membahas situasi terkini di Provinsi Papua dan Papua Barat, Senin (9/9/2019) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebutkan bahwa penyebab pulang kampungnya ratusan mahasiswa Papua dan Papua Barat ke daerah asal mereka dikarenakan kabar burung atau hoaks.

Dari laporan yang diterimanya, sudah ada lebih dari 800 mahasiswa Papua dan Papua Barat yang meninggalkan tempat belajar mereka di sejumlah wilayah Indonesia untuk pulang kampung.

"Banyak mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang belajar di daerah-daerah seluruh Indonesia kembali ke Papua dan Papua Barat. Jumlahnya yang dilaporkan sekitar 835," kata Wiranto dalam keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Senin (9/9/2019). 

"Tapi ini juga akibat dari adanya provokasi, informasi yang tidak benar," kata Wiranto.

Dia mengatakan, para mahasiswa yang juga orang asli Papua itu mendapatkan informasi bahwa apabila mereka tetap belajar di daerah luar Papua dan Papua Barat, maka akan ada ancaman.

Dugaan Penyebab Ratusan Mahasiswa Papua Pulang Kampung dari Tempat Belajar, Berawal dari Maklumat

Keselamatan mereka dikabarkan tak terjamin dikarenakan kemungkinan adanya balas dendam dan sebagainya.

"Itu kabar burung. Itu hoaks. Hasutan provokasi. Tidak benar," ujar Wiranto.

Tidak hanya itu, berbondong-bondongnya mahasiswa Papua dan Papua Barat itu pulang kampung juga dikarenakan ada imbauan dari Majelis Rakyat Papua (MRP) pada 23 Agustus 2019 lalu.

MRP meminta agar pelajar dan mahasiswa Papua dan Papua Barat yang berada di luar kedua provinsi itu agar kembali ke kampungnya.

Namun, pada Senin (9/9/2019) ini, MRP memberikan seruan kembali kepada seluruh mahasiswa Papua yang ada di wilayah NKRI untuk tetap melanjutkan studinya.

Presiden Jokowi Minta Wiranto Terus Pantau dan Jaga Keamanan Pelajar Papua dan Papua Barat

Halaman
12
Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved