BJ Habibie Meninggal Dunia

Hadiri Pemakaman Habibie, Warga Timor Leste: Bukan Hanya Indonesia, Kami Pun Juga Merasa Kehilangan

Kepergian Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Hadiri Pemakaman Habibie, Warga Timor Leste: Bukan Hanya Indonesia, Kami Pun Juga Merasa Kehilangan
(KOMPAS.com/WALDA MARISON)
Warga Timor Leste bernama Neslon Da Cruz (38) hadiri pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM - Kepergian Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat Timor Leste seolah juga merasakan kepergian pria pencipta pesawat N250 ini. Salah satunya adalah Neslon Da Cruz (38).

Warga Timor Leste yang juga berprofesi sebagai wartawan ini datang untuk melayat ke pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Putra Sulung Habibie Ingin Pesawat R80 yang Dirancang Ayahnya Bisa Terwujud

Sebagai warga Timor Leste, dia merasa kehilangan sosok Habibie.

Bukan hanya karena pengabdian almarhum kepada bangsa, tetapi juga karena peran Habibie atas kemerdekaan Timor Leste.

"Kehilangan mungkin bukan hanya milik Indonesia, kami Timor Leste pun merasa kehilangan. Timor Leste sekarang bisa menikmati kemerdekaan karena waktu tahun 1999 Pak Habibie buka jalan kasih dua opsi. Memilih otonomi khusus tetap berada di Indonesia atau memilih merdeka melepaskan diri dari Indonesia," kata dia saat ditemui awak media.

Dua Pesawat Kertas yang Mendarat di Atas Makam BJ Habibie

Di mata masyarakat Timor Leste, sosok Habibie merupakan pemimpin yang berani karena mau membuat keputusan untuk memberi kesempatan Timor Leste untuk merdeka.

Mungkin jika bukan karena Habibie, lanjut dia, Timor Leste tidak akan pernah dilepas oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Dia mengaku beberapa warga Timor Leste juga melalukan seremonial khusus untuk mengenang sosok Habibie.

Air Mata BCL Jatuh saat Kenang Habibie: Terima Kasih untuk Segalanya

"Saya lihat grup mantan-mantan mahasiswa yang dulu tergabung dalam perjuangan mereka berkumpul untuk melakukan penghormatan khusus kepada Pak Habibie. Dari posting posting mereka di Facebook saya lihat hari ini saya baca," kata dia.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved