Pimpin Rapat Penanganan Karhutla, Jokowi: Saya Tak Perlu Banyak Laporan, tapi Tindakan di Lapangan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta laporan dari menteri soal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam sebuah rapat di Kota Pekanbaru, Riau.

Pimpin Rapat Penanganan Karhutla, Jokowi: Saya Tak Perlu Banyak Laporan, tapi Tindakan di Lapangan
instagram/sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau, di Hotel Novotel Pekanbaru, Senin (16/9) malam. 

TRIBUNPAPUA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta laporan dari menteri soal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam sebuah rapat di Kota Pekanbaru, Riau, bersama para pejabat terkait, Senin (16/9/2019).

Dilansir TribunWow.com dari unggahan kanal YouTube Sekretariat Preisden, Selasa (17/9/2019), Jokowi langsung menyebut dirinya tak butuh laporan yang banyak, namun lebih butuh tindakan di lapangan untuk menyelesaikan bencana karhutla ini.

Diketahui, dalam kunjungan rapat karhutla itu Jokowi didampingi oleh beberapa pejabat.

Kabut Asap, Jadwal Penerbangan di Pagi Hari Rawan Terganggu

Di antaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, lalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Lalu Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, hingga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Awalnya, Jokowi sudah menyinggung soal jajaran pejabat pemerintahan atau perangkat daerah mulai dari gubernur hingga kapolda.

Jokowi menyebut masing-masing perangkat kurang bekerja maksimal sehingga tindakan pencegahan meluasnya titik api pun sulit dihindari.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana untuk menurunkan hujan buatan seperti pekan lalu namun lebih besar.

Tak hanya memerintahkan penurunan hujan buatan, Jokowi juga sudah memerintahkan pasukan untuk turut membantu usaha pemadaman api karhutla.

Bayi di Riau Sakit Kena Kabut Asap, Keluarga Menangis Sebut Tak Punya Uang untuk Berobat

Lantaran kini status Riau sudah siaga darurat, Jokowi kembali mengimbau untuk melakukan usaha yang lebih maksimal agar kabut asap tak mengganggu aktivitas, terutama di bidang ekonomi.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved