Kerusuhan di Papua

Pascakerusuhan di Papua, Amankah Berwisata ke Raja Ampat?

Sekda Papua Barat, Nataniel D. Mandacan menyampaikan pesan bahwa Papua Barat aman untuk didatangi.

Pascakerusuhan di Papua, Amankah Berwisata ke Raja Ampat?
Kemenpar
Keindahan Raja Ampat yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh mancanegara. 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Kerusuhan yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu berdampak pada berbagai sektor, termasuk pariwisata.

Diberitakan Kompas.com, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Papua menyebut, ratusan turis asing membatalkan pemesanan perjalanannya akibat kerusuhan di Jayapura.

"Banyak pembatalan, kalau tur biasa kemarin yang sudah batalin sekitar 100, lalu kapal pesiar yang harusnya masuk pada 12 September itu kan sekitar 500-an orang," ujar Ketua Asita Papua, Iwanta Parangin-Angin, saat dihubungi melalui telepon, Rabu (18/9/2019).

Namun kini kondisi di Papua sudah berangsur kondusif, dan aman untuk dikunjungi.

Wisata ke Festival Pesona Bahari Raja Ampat Papua Barat Tak Harus Mahal, Hanya Rp 5,3 Juta

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Nataniel D. Mandacan mengatakan Papua Barat siap dijadikan destinasi wisata domestik utama dalam pameran wisata Kompas Travel Fair (KTF) 2019.

KTF 2019 diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Hall B, Jakarta, pada 20-22 September 2019.

Nataniel menyampaikan pesan bahwa Papua Barat aman untuk didatangi.

"Kami dari Papua Barat merasa sangat penting untuk mengambil bagian dalam KTF, hal ini guna lebih memperkenalkan daerah kami. Terkait kondisi Papua Barat sampai hari ini, tidak perlu khawatir dengan kondisi kami," kata Nataniel dalam konferensi pers Kompas Travel Fair 2019, Jumat (20/9/2019). 

Ingin Menjelajahi Kekayaan Bawah Laut Raja Ampat? Catat Waktu Terbaik untuk Menyelam di Sana

Ia menyebut bahwa Papua Barat kerap disebut sebagai potongan surga yang jatuh ke bumi. Hal ini semakin mengisyaratkan bahwa keindahan alam Papua Barat memang patut dikunjungi para pencinta traveling.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemprov Papua Barat, Charlie D Heatubun  pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa Papua Barat memiliki budaya dan adat istiadat yang sangat penting untuk dikenal lebih dalam.

Halaman
12
Editor: mohamad yoenus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved