Breaking News:

Perjuangan Satgas TMMD Menuju Kampung Kogir di Papua, Tempuh Perjalanan 2 Hari demi Bangun Negeri

Program TMMD ke-106 TA. 2019 di wilayah Kodim 1707/Merauke akan dilaksanakan di Kampung Kogir Distrik Minyamur Kabupaten Mappi, Papua.

Penulis: Sigit Ariyanto | Editor: mohamad yoenus
Kodam 17 Cenderawasih
Perjalanan Panjang Satgas TMMD Menuju Kampung Kogir 

TRIBUNPAPUA.COM, MERAUKE - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA. 2019 di wilayah Kodim 1707/Merauke akan dilaksanakan di Kampung Kogir Distrik Minyamur Kabupaten Mappi, Papua.

Dikutip TribunPapua.com dari laman resmi Kodam XVII Cenderawasih, Minggu (22/9/2019), kegiatan tersebut secara resmi akan dibuka pada tanggal 2 Oktober 2019 bulan depan.

Meskipun pembukaan pelaksanaan TMMD ke-106 masih lama, namun Kodim 1707/Merauke telah memberangkatkan sebanyak 37 personelnya yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-106 sejak hari Rabu 18 September 2019 lalu.

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. selaku Dansatgas TMMD ke-106 melalui Pasiter Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba yang juga tergabung dalam Satgas TMMD sebagai Danki Satgas TMMD ke-106 menjelaskan penyebab personel Satgas TMMD ke-106 diberangkatkan lebih awal.

Alasannya karena mengingat kondisi medan selama perjalanan yang cukup sulit dan jarak tempuh yang sangat jauh dari kota Merauke menuju lokasi TMMD di kampung Kogir.

Satgas Yonif MR 411/PDW Gelar Aksi Donor Darah di Perbatasan Papua pada HUT ke-74 PMI

Selain itu, diberangkatkannya lebih awal Satgas TMMD Ke-106 Kodim 1707/Merauke ini agar dapat menyiapkan sarana dan prasarana di tempat TMMD sebelum kegiatan tersebut secara resmi dibuka.

"Perjalanan menuju kampung Kogir cukup jauh. Membutuhkan waktu tempuh ± 2 hari perjalanan melalui darat dan dilanjutkan dengan jalur sungai," Kata Kapten Inf Herman Purba.

Dijelaskan pula oleh Pasiter Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba bahwa perjalanan ditempuh dengan jalur darat dari kota Merauke menuju kampung Asiki dan dilanjutkan perjalanan menggunakan jalur air atau sungai.

Medan terberat menuju lokasi TMMD ke-106 adalah melalui jalur sungai.

Untuk perjalanan jalur air atau sungai dimulai dari Asiki menggunakan kapal kayu dengan mengikuti Kali Digoel menuju Distrik Bade dilanjutkan menuju simpang Mur.

Cerdaskan Pelajar Daerah Perbatasan, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Nyambi Jadi Guru di Merauke

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved