Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Pemprov Sulsel Jamin Anak Korban Kerusuhan Wamena Bisa Sekolah di Makassar Tanpa Surat Pindah

Pemprov Sulsel memastikan anak-anak korban kerusuhan di Wamena, Papua, bisa tetap melanjutkan pendidikan di Kota Makassar tanpa surat pindah.

Editor: Sigit Ariyanto
(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Para pengungsi dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, tiba di Jayapura, Jumat (27/9/2019) 

TRIBUNPAPUA.COM, WAMENA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan memastikan anak-anak korban kerusuhan di Wamena, Papua, bisa tetap melanjutkan pendidikan di Kota Makassar tanpa surat pindah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat dalam kunjungannya bersama Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman di Jayapura, Papua, Senin (30/9/2019).

"Pemprov menjamin kelanjutan pendidikan anak-anak yang menjadi korban di Wamena, tanpa surat pindah, bisa bersekolah di Makassar," kata Abdul Hayat dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Abdul Hayat menuturkan, kejadian di Wamena menghasilkan trauma yang mendalam bagi anak-anak. Banyak dari mereka yang tidak mau lagi melanjutkan sekolah di Wamena.

 

Minta Kerusuhan Wamena Tak Dikaitkan dengan SARA, Komnas HAM: Jangan Pakai Kata Pendatang dan Asli

Untuk itu, dia meminta kepada pihak-pihak pemicu kerusuhan untuk berhenti mengusik kedaulatan Papua sebagai bagian dari NKRI.

"Pemerintah dan masyarakat Sulsel mengucapkan belasungkawa atas kejadian yang terjadi pada hari Senin (23/9/2019)," ujar Abdul Hayat setelah mengunjungi para korban kerusuhan Wamena

Selama di Wamena, Abdul Hayat Gani bersama Andi Sudirman Sulaiman menyempatkan diri menemui para korban dan juga warga Sulsel di pengungsian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan sosial senilai Rp 1 miliar kepada Pemerintah Jayawijaya.

Kemenhub Sediakan Kapal dan Pesawat untuk Bantu Pengungsi Korban Kerusuhan di Wamena Papua

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Jayawijaya John Richard Banua di Wamena, Senin (30/9/2019).

John Richard Banua menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah membantu normalisasi Jayawijaya pasca-kerusuhan, dan peduli terhadap kondisi di Wamena.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved