Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Sebut Pendatang Merasa Tak Aman seusai Kerusuhan di Wamena, Wiranto: Minta Diungsikan di Jayapura

Diakui Wiranto, mereka yang ingin diungsikan ke Jayapura sebagian besar adalah para pelaku ekonomi di Wamena, antara lain sebagai pedagang.

Editor: Sigit Ariyanto
(KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/9/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menyatakan, kondisi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif meskipun masih terdapat sejumlah hal yang perlu diselesaikan.

"Secara umum dilaporkan bahwa kondisi sudah kondusif. Memang masih ada residu-residu yang mesti diselesaikan, antara lain tentang pengungsian dari Wamena ke Jayapura," ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/9/2019).

"Setelah terjadi kerusuhan, banyak para pendatang yang merasa tidak aman dan minta diungsikan ke tempat yang aman di Jayapura," kata dia.

Jokowi: Polisi Sudah Menangkap Tersangka yang Lakukan Pembunuhan dan Pembakaran di Wamena

Diakui Wiranto, mereka yang ingin diungsikan ke Jayapura sebagian besar adalah para pelaku ekonomi di Wamena, antara lain sebagai pedagang.

Maka dari itu, ia mendorong pemerintah daerah dan aparat berusaha agar mereka tidak berbondong-bondong pulang ke daerah asalnya.

Hal itu bertujuan guna roda perekonomian di Papua dan Papua Barat terus berjalan.

Sebut Kerusuhan Wamena Ulah KKB, Jokowi: Jangan Digeser-geser Jadi Sebuah Konflik Etnis

Wiranto menyebutkan, hingga saat ini di Jayapura tercatat ada 3.225 pengungsi.

Ia menjamin kebutuhan logistik pengungsi tercukupi.

"Di Jayapura sudah tercatat 3.225 orang sehingga sekarang Kemensos berusaha untuk membantu meringankan kehidupan para pengungsi. Bahan makanan cukup, untuk kesehatan juga dijamin," kata dia.

Selain itu, guna mempercepat mengatasi permasalahan, Wiranto mendorong masyarakat untuk saling bertoleransi sehingga apa yang dikhawatirkan para pendatang di Wamena lambat lain bisa diredam.

(Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wiranto Sebut Pendatang Merasa Tak Aman Usai Kerusuhan di Wamena"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved