Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Pemprov Sulsel Siapkan Tiga Pesawat Hercules dan Kapal Laut untuk Jemput Warganya dari Wamena

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan tiga pesawat Hercules dan kapal laut untuk menjemput warga Sulsel dari Wamena, Provinsi Papua.

Editor: Astini Mega Sari
(TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyambut pengungsi asal Wamena di Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu (2/10/2019). Pengungsi tersebut tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros. Pesawat TNI AU jenis Hercules A-1305 tersebut mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin, sekitar pukul 13.15 Wita. 

TRIBUNPAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan tiga pesawat Hercules dan kapal laut untuk menjemput warga Sulsel dari Wamena, Provinsi Papua.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Nurdin Abdullah saat menjemput kedatangan warga Sulsel dari Papua di Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin, Makassar, Rabu (2/10/2019).

Nurdin mengungkapkan, hingga hari ini tercatat ada 50 warga Sulsel berhasil diakomodir melalui pesawat Hercules.

Pemprov Sulsel Pastikan Kebutuhan Pengungsi Wamena Terpenuhi saat Ditampung di Asrama Haji Sudiang

50 warga Sulsel pengungsi Wamena Papua ini untuk sementara akan ditampung di Asrama Haji, Sudiang, Makassar.

"Warga Sulsel dari Papua yang sudah datang hari ini ada 50 orang, karena total kapasitas pesawat Hercules ini kan 650 orang," jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

"Sebagian ada yang ke Malang, terus ada yang lanjut ke Aceh. Jadi kalau kita ada 50 orang."

Nurdin menuturkan, selain 50 orang pengungsi asal Sulsel, pengungsi dari daerah lain juga sementara di tampung di Asrama Haji Makassar.

Sambut 170 Pengungsi Wamena di Lanud Sultan Hasanuddin, Gubernur Sulsel: Kita Koordinir Langsung

Selama di Asrama Haji, semua kebutuhan pengungsi akan disiapkan, termasuk makan minumnya.

“Meskipun, ada sebagian ada yang langsung pulang ke kampung dan dijemput keluarga masing-masing. Kita berharap semua pengungsi yang datang itu, bisa kita tangani dengan baik. Kita sudah persiapkan," tuturnya.

"Tentu itu tidak semuanya harus ditampung di Asrama Haji, pasti sudah ada banyak keluarga yang jemput. Dan saya kira tidak ada persoalan."

Wakil Gubernur Sulsel Bawa Bantuan Sosial Sebesar Rp 1 Miliar saat Berkunjung ke Wamena

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman juga mengungkapkan jika Pemerintah mengerahkan kapal laut milik Pelni untuk mengangkut para pengungsi korban kerusuhan Wamena, Papua ke sejumlah wilayah di Indonesia.

“Selain menggunakan pesawat Hercules untuk mengevakuasi korban, pemerintah pusat juga telah mengirimkan kapal Pelni untuk mengantarkan korban ke beberapa daerah di Indonesia,” tandas Andi Sudirman.

(Kompas.com/Kontributor Makassar, Hendra Cipto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tiga Hercules dan Kapal Laut Siap Jemput Warga Sulsel dari Wamena Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved