Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Kehilangan Rumah dan Pekerjaan, Pengungsi Korban Rusuh Wamena Akan Diberikan Dana Stimulus

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI P, Arteria Dahlan, sebut pengungsi Wamena akan diberikan dana stimulus karena kehilangan rumah dan pekerjaan.

Editor: Sigit Ariyanto
(SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)
Pengungsi dari Wamena, Papua, tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU, Selasa (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi yang berasal dari Jawa Timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal, pasca kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI P, Arteria Dahlan, menyebut para pengungsi korban kerusuhan di Wamena akan diberikan dana stimulus.

Hal itu dilakukan karena para pengungsi tersebut telah kehilangan rumah serta sumber penghasilan mereka.

Namun, ia tidak merincikan berapa jumlah dana stimulus yang akan diberikan.

"Kita juga akan berikan stimulus. Karena mereka ini hilang semuanya. Rumah dan penghasilan tidak ada. Yang ingin saya pastikan di sini," kata Arteria.

Selain itu, Arteria menyebut ada sejumlah oknum dari gunung yang coba memaksakan diri masuk ke kota Wamena sebelum konflik terjadi.

Perwakilan Ikatan Keluarga Minang Jabodetabek tersebut mengatakan dari informasi yang diterimanya dari pihak Kepolisian dan TNI, tidak ada masalah antara warga Minang Sumatera Barat dengan penduduk di Wamena Papua sebelum kerusuhan terjadi.

Janda Asal Probolinggo jadi Korban Kerusuhan Wamena: Harta dan Perhiasan Dirampas, Rumah Dibakar

Menurut informasi tersebut, ia mengatakan hubungan antara warga Minang Sumatera Barat yang kebanyakan bermatapencaharian sebagai pedagang dengan masyarakat Wamena sangat cair.

"Tapi memang ada oknum tertentu yang mencoba memaksakan diri, istilah kami ada oknum dari gunung untuk masuk ke kota Wamena yang orang Wamena sendiri tidak tahu siapa mereka. Akhirnya terjadilah kejadian tersebut," kata Arteria Dahlan di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur saat menyambut kedatangan 51 pengungsi terdampak konflik Wamena, Kamis (3/10/2019).

Setelah kerusuhan terjadi, dalam waktu singkat aparat keamanan bersama pemerintah melakukan cipta kondisi dan kondisi di Wamena kembali pulih.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved