Kerusuhan di Papua

30 dari 42 Warga Banten di Papua Sudah Tiba di Serang, Disambut Langsung Gubernur Banten

Sebanyak 30 warga Banten yang berada di Papua sudah dievakuasi. Kepulangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

(KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN)
Sebanyak 30 Warga Banten yang bermukim di Papua berhasil di pulangkan, dan dijemput oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim, Senin (7/10/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM - Sebanyak 30 warga Banten yang berada di Papua sudah dievakuasi.

Kepulangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (7/9/2019).

Plt Kepala BPBD Provinsi Banten Kusmayadi, yang memimpin tim penjemputan warga Banten di Papua mengatakan, hingga saat ini sudah terdata 42 warga Banten di Papua. Namun, yang sudah pulang baru 30 orang.

"28 orang dipulangkan pada Minggu 7 Oktober, ditambah dua sisanya pulang mendahului, jadi total 30 yang sudah tiba di Banten," kata Kusmayadi, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Senin (7/9/2019).

Pastikan Kondisi Wamena Aman, Mendagri: Pelayanan Publik Tetep Berjalan meski Belum Maksimal

Sementara sisanya, kata dia, akan dipulangkan paling cepat pada Rabu minggu ini.

Namun, dari dua 12 orang yang tersisa, dua orang disebut akan tetap bertahan di Papua lantaran berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Warga Banten yang dipulangkan, kata Kusmayadi, tersebar di sejumlah wilayah di antaranya di Wamena, Sentani dan paling banyak di Kota Jayapura.

Menurut Kusmayadi, warga Banten berhasil ditemukan setelah tim melakukan penyisiran di 15 posko yang berada di kantor polisi, kodim hingga gereja.

Tersebar di Lima Pos Pengungsian, 30 Warga Jateng Masih Bertahan di Wamena Tunggu Proses Pemulangan

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, seluruh seluruh warga terdampak konflik Wamena yang pulang akan diantar ke kampung halaman masing-masing bagi yang masih punya kerabat dan keluarga di Banten.

Sementara, bagi yang tidak memiliki tempat tinggal akan disediakan rumah singgah milik Dinas Sosial baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Selama di rumah singgah, Gubernur meminta mereka untuk menjalani hidup normal dan sedikit demi sedikit menghilangkan traumatik yang dirasakan selama berada di Papua.

“Yang penting mereka senang, tenang, dan tidak trauma lagi. Kalau mau tinggal di sini silahkan, balik lagi ke sana, silahkan, asalkan tidak dalam kondisi ketakutan,” kata dia.

(Kompas.com/Kontributor Banten, Acep Nazmudin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dari 42 Warga Banten di Papua, 30 Pengungsi Sudah Tiba di Serang

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved