Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Pastikan Kondisi Wamena Aman, Mendagri: Pelayanan Publik Tetep Berjalan meski Belum Maksimal

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan kondisi keamanan di Wamena, Papua hari ini, Senin (7/10/2019) telah aman.

Editor: Astini Mega Sari
KOMPAS.COM/MOH NADLIR
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menjadi pembicara dalam rangkaian acara pembukaan rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (4/5/2017). 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan kondisi keamanan di Wamena, Papua hari ini, Senin (7/10/2019) telah aman.

Hal itu ditunjukkan dengan terus berjalannya pelayanan masyarakat oleh pemerintah daerah setempat tetap berjalan.

“Secara prinsip stabilitas nasional dan daerah di Wamena aman. Walaupun pemerintahan masih pinjam kodim tapi kami pastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan meskipun belum maksimal,” ujar Tjahjo Kumolo di Kantor Kemenkumham, Jakarta Pusat.

Mendagri: Kondisi Stabilitas Nasional dan Daerah di Wamena Aman

Meski demikian Tjahjo Kumolo tak mau menghalangi jika ada warga pendatang di Wamena yang tetap ingin kembali ke daerah masing-masing.

Ia menegaskan pemerintah daerah maupun pusat masih terus berupaya secara bertahap untuk mengembalikan roda perekonomian di Wamena.

“Saya kira kalau ada warga mau kembali ke daerah asal dan ada gubernur yang mau memfasilitasi saya rasa tak masalah. Semua warga negara kan berhak menentukan di mana mencari nafkah dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

“Pengembalian stabilitas ekonomi akan dilakukan bertahap. Tak ada imbauan kalau dari kami, yang harus disadari kan semua saling membutuhkan,” pungkas Tjahjo Kumolo.

Aktivitas Sekolah di Wamena Kembali Normal, tapi Masih Ada Guru yang Belum Kembali karena Trauma

Kapolda Papua pastikan situasi telah aman

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau mengklaim kondisi di Wamena, Papua, sudah berangsur membaik pasca kerusuhan beberapa waktu lalu.

Paulus mengatakan bersama Dankorbrimob Irjen Anang Revandoko dan Bupati setempat telah mencoba menelusuri sekitar kota Wamena. Tak hanya itu, mereka juga telah menyambangi beberapa lokasi lainnya tempat warga mengungsi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved