Breaking News:

Kerusuhan di Papua

Tiga Pekan Pasca-Kerusuhan, 293 Pengungsi Dipulangkan Kembali ke Wamena

Sekurang-kurangnya sudah ada 293 pengungsi yang dipulangkan kembali ke tempat asalnya di Wamena tiga pekan pascakerusuhan.

Editor: Astini Mega Sari

TRIBUNPAPUA.COM - Komandan Lanud Silas Papare Marsma Tri Bowo Budi Santoso, mengatakan sekurangnya sudah ada 293 pengungsi yang dipulangkan kembali ke tempat asalnya di Wamena tiga pekan pascakerusuhan.

Selain itu, dia juga mengatakan situasi Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, berangsur membaik.

"Total pengungsi yang sudah kembali ke Wamena dari Jayapura ada 293 orang," kata Bowo di Jayapura pada Senin (14/10/2019).

TNI-Polri Gelar Apel Gabungan untuk Jaga Situasi Wamena Papua Tetap Kondusif

Bowo mengatakan, pemulangan pengungsi telah dilakukan bertahap.

Ia menjelaskan, pemulangan terakhir berlangsung pada Jumat 11 Oktober lalu dengan 104 pengungsi terdiri dari 78 orang dewasa dan 26 anak-anak yang dikembalikan ke Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules.

Bowo mengatakan Lanud Silas Papare memberi bingkisan berupa perlengkapan sekolah kepada anak-anak usia sekolah agar mereka mau dan kembali bersemangat sekolah.

“Bingkisan berupa tas sekolah, yang di dalamnya berisi sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya. Sementara untuk pengungsi dewasa dibekali dengan sembako secukupnya," kata Bowo.

Cerita Putri Lolos dari Maut tapi Suami dan Anaknya Tewas saat Rusuh Wamena, Tak Mau Balik ke Papua

Untuk kelancaran pemulangan pengungsi, Bowo mengatakan saat ini Lanud Silas Papare telah membuka sejumlah posko sebagai tempat pendataan dan pendaftaran masyarakat yang akan kembali ke Wamena.

Posko tersebut berada di sekitar Sentani dan Kota Jayapura.

"Setiap sore, kami mengumpulkan data dari setiap posko. Jika jumlahnya mencapai 70 orang, maka akan kita berangkatkan esok harinya," kata Bowo.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved