Kerusuhan di Papua

Gelombang Pengungsi Asal Wamena Terus Berdatangan ke Poso, Upaya Pemda Kembalikan Trauma Psikologi

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso kini terus bekerja keras untuk memulangkan 102 orang warga yang terdampak kerusuhan Wamena, Papua.

Gelombang Pengungsi Asal Wamena Terus Berdatangan ke Poso, Upaya Pemda Kembalikan Trauma Psikologi
(MANSUR TABONE)
Perjalanan Rombongan Pengungsi Wamena Dari Makassar Menuju Poso Pada Kamis(17/10/2019) 

TRIBUNPAPUA.COM, POSO - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso kini terus bekerja keras untuk memulangkan 102 orang warga yang terdampak kerusuhan Wamena, Papua.

Setelah sukses memulangkan 9 orang pengungsi pada tahap pertama awal Oktober 2019, kini pemda kembali menerima kedatangan pengungsi dari Wamena untuk tahap dua dan tiga sebanyak 22 orang yang terdiri dari anak-anak dan orangtua.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang dikonfimasi media via telepon, Kamis (17/10/2019), mengatakan, seluruh warga Poso yang terdata dan terdampak konflik Wamena akan dipulangkan meskipun secara bertahap.

Menurutnya, pemulangan seluruh pengungsi tersebut ke Poso sengaja dilakukan Pemda Poso untuk mengembalikan trauma psikologi para korban, sambil menunggu kondisi keamanan di Wamena kondusif.

"Selain masalah kemanusian, pemulangan seluruh pengungsi asal Poso dari Wamena merupakan bentuk keseriusan pemda. Mereka kita fasilitasi semua, mulai dari Wamena, Jayapura, hingga Poso kita berikan. Bahkan untuk tempat tinggal kita siapkan hotel," tegas Darmin.   

Sementara itu, pada hari yang sama, Kabag Humas dan Protokoler Pemda Poso, Armol Songko yang ditemui di ruangannya mengatakan, pemulangan seluruh pengungsi warga Poso dari Wamena dan Jayapura merupakan bukti kepedulian pemda atas perintah langsung Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Pangdam XVII Cenderawasih dan Kapolda Papua Patroli Naik Motor Keliling Wamena untuk Tekan Kejahatan

Diakuinya, sama dengan pemulangan pengungsi tahap pertama, proses pemulangan pengungsi tahap dua dan tiga juga difasilitasi sepenuhnya oleh tim, mulai dari penjemputan, pemeriksaan kesehatan hingga pemulangan ke kampung halaman di Poso.

"Untuk pengungsi gelombang kedua sebanyak 5 orang dan gelombang ketiga 17 orang sudah berada di penampungan Makassar. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, selanjutnya pengungsi dijemput oleh tim menuju Poso melalui darat," kata Armol Songko.

Armol menambahkan, jadwal pemulangan pengungsi sudah disesuaikan dengan jadwal pemulangan yang dikoordinir oleh tim yang dibentuk Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso.

Pascakerusuhan, Aktivitas Sekolah di Wamena Mulai Berangsur Pulih, Sebagian Siswa Masih Trauma

Secara rinci dijelaskan, untuk pengungsi tahap pertama  9 orang sudah tiba di rumah masing-masing. Sementara untuk gelombang kedua  5 orang dan gelombang ketiga sebanyak 17 orang.

Halaman
12
Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved