Pelaku Penikaman Buruh Bangunan di Wamena Ditangkap, Diringkus saat Sedang Tidur Dalam Sebuah Honai

Polisi berhasil menangkap pelaku penikaman yang menewaskan Deri Datu Padang (30) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada 12 Oktober 2019.

Editor: Sigit Ariyanto
(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Kabid Humas Polda Papua Kombes AM. Kamal sedang menunjukan foto NW (35 tahun) yang merupakan tersangka pembunuhan Deri Datu Padang di Kabupaten Jayawijaya, pada 12 Oktober 2019, Jayapura, Kamis (17/10/2019) 

TRIBUNPAPUA.COM, JAYAPURA - Aparat kepolisian berhasil menangkap pelaku penikaman yang menewaskan Deri Datu Padang (30) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada 12 Oktober 2019.

"Pada pukul 02.30 WIT, di Jl. Trans Kimbin-Wamena ditangkap NW (35 tahun) yang diduga pelaku pembunuhan terhadap Deri Datu Padang (30). Peristiwa itu terjadi pada 12 Oktober 2019," ujar Kabid Humas Polda Papua, Komber AM. Kamal, di Jayapura, Kamis (17/10/2019).

Pelaku, sambung Kamal, ditangkap saat sedang tidur di sebuah honai di Kampung Piramid, Kabupaten Jayawijaya.

Identitas tersangka didapat dari keterangan saksi-saksi di TKP yang menyampaikan ciri-ciri dan kemudian didalami oleh penyidik.

"Kemudian didapat informasi yang bersangkutan ada di salah satu honai di Kampung Piramid. Saat akan ditangkap, honai pertama kosong dan di honai kedua didapat NW yang sekarang ada di Mapolres Jayawijaya," tuturnya.

Kamal menyebut, saat ditangkap NW sempat melakukan perlawanan dan mencoba untuk kabur.

Buruh Bangunan di Wamena Tewas setelah Ditikam Orang Tak Dikenal, Sempat Lapor Polisi sebelum ke RS

"NW pada saat ditangkap sempat melakukan perlawanan, sempat lari dan ditembak oleh rekan-rekan kami di bagian kaki," kata Kamal.

Menurut dia, saat ini penyidik tengah mendalami keterlibatan NW pada peristiwa kerusuhan Wamena pada 23 September.

"Kami masih dalami, kan ini baru ditangkap tadi malam dan pelaku ada luka di kaki dan sedang dirawat di RSUD Wamena," ujar Kamal.

Dari keterangan NW,  dia mengakui bahwa dia yang melakukan penikaman kepada Deri Datu Padang.

 

Diberitakan sebelumnya, seorang warga bernama Deri Datu Padang (30) meninggal dunia setelah ditikam orang tidak dikenal, di Wamena, Jayawijaya, Papua, pada Sabtu (12/10/2019), sekitar pukul 15.30 WIT.

Saat itu, korban yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan, sedang bersama rekannya, Bunga Simon (38), seusai mengerjakan kamar mandi di salah satu Gereja Katolik.

Ketika hendak menuju Kota Wamena dengan mengendarai sepeda motor, keduanya diadang dua orang tidak dikenal dan ditikam di sekitar pasar depan jembatan Woma.

Korban sempat melaporkan musibah yang dialami di Pos Brimob sekitar Woma, sebelum dibawa ke RSUD Wamena untuk menjalani perawatan medis.

Namun, setelah sempat mejalani perawatan medis pukul 16.50 WIT, Deri Datu Padang menghembuskan napas terakhir akibat luka tusuk di bagian perut dan mengalami pendarahan hebat.

Sementara, Bunga Simon masih menjalani perawatan akibat terluka di bagian lutut dan bibir.

(Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelaku Penikaman Buruh Bangunan di Wamena Ditangkap Saat Sedang Tidur"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved