Breaking News:

Jokowi ke Papua

Jembatan Holtekamp Papua yang Diresmikan Jokowi Dapat MURI hingga Pangkas Akses Jayapura-PLBN

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jembatan Youtefa atau Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura.

KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Presiden Joko Widodo ketika meresmikan Jembatan Youtefa atau Jembatan Holtekamp, Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10/2109). 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jembatan Youtefa atau Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, Papua.

Jembatan yang berada di atas Teluk Youtefa dengan tipe pelengkung baja terpanjang di Papua itu diresmikan pada Senin (28/10/2019).

Jokowi Ungkap Alasan Pilih Papua di Kunjungan Kerja Pertamanya: Papua Dibangun dan Tidak Dilupakan

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua tersebut menjadi salah satu bukti komitmen Presiden Joko Widodo dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian Timur.

Pembangunan ini juga merupakan bukti Presiden tidak setengah hati untuk membangun Papua.

"Saya senang meresmikan Jembatan Youtefa bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda," kata Presiden Joko Widodo.

Dengan diresmikannya jembatan tersebut, nantinya waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan lebih cepat dari semula 1,5 hingga 2 jam menjadi sekitar 30-45 menit saja.

Selain meningkatkan konektivitas, jembatan Youtefa juga akan mendorong pengembangan Kota Jayapura ke Timur, yakni ke arah kawasan Skouw.

Keberadaan jembatan juga akan mengandalkan laju perkembangan Kota Jayapura di bagian Barat yang berupa pegunungan dan sangat beresiko merusak hutan sebagai daerah tangkapan air bagi keberlanjutan Kota Jayapura.

Kunjungi Papua sampai 13 Kali, Jokowi: Terjemahankan Sendiri Artinya Apa

Jembatan ini akan lebih mengarahkan pengembangan Kota Jayapura ke kawasan Koya.

Pengembangan selanjutnya dari kawasan sekitar Jembatan Youtefa adalah untuk wisata air karena didukung dengan pemandangan teluk dan perbukitan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved