Kerusuhan di Papua

Warga Wamena Saling Tukar Hewan Ternak untuk Percepat Reskonsiliasi

Proses pemulihan kondisi sosial di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pasca-rusuh pada 23 September, terus dilakukan.

Warga Wamena Saling Tukar Hewan Ternak untuk Percepat Reskonsiliasi
(Dok Humas Lanud Silas Papare)
Para pengungsi yang akan kembali ke Wamena sedang antre masuk ke dalam pesawat Hercules di Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM - Proses pemulihan kondisi sosial di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pasca-rusuh pada 23 September, terus dilakukan.

Paguyuban-paguyuban kemasyarakatan yang ada di Wamena pun telah membangun komunikasi guna mempercepat proses rekonsisliasi.

Jumlah Pengungsi yang Kembali ke Wamena Capai 817 Orang

"Percepatan rekonsiliasi yang mana nanti akan ada pertukaran, dari yang pendatang ke OAP (orang asli Papua)," ujar Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Sulawesi Selatan (KKSS), Mansur M, di Jayapura, Kamis (1/11/2019).

Ia memberi gambaran, nantinya masyarakat non-Papua akan memberikan seekor babi kepada penduduk lokal, begitu pun sebaliknya OAP memberikan seekor sapi kepada pendatang.

"Jadi ada pertukaran, ada perjanjian di situ," kata Mansur.

Kunjungi Wamena, Jokowi Minta Rehabilitasi Infrastruktur Pasca-Kerusuhan Dipercepat

Cara tersebut diyakini bisa mempercepat proses pemulihan sosial setelah banyak warga pendatang memilih untuk meninggalkan Wamena karena merasa trauma atas tragedi yang terjadi pada 23 September 2019.

Ia pun memuji upaya pemulihan yang telah dilakukan pemerintah dan aparat keamanan.

"Bagaimanapun juga mereka memberikan pemahaman bagi warga dan segala macam, kita terima (kejadian ini) sebagai dinamika, kami juga menerima ini sebagai takdir untuk adanya perubahan," tutur Mansur.

Polisi Tangkap 1 Orang Lagi, Jumlah Tersangka Kerusuhan Wamena Bertambah Jadi 21 Orang

Ia memandang kini situasi keamanan di Wamena sudah lebih kondusif dan aparat keamanan terus melakukan penjagaan di sejumlah titik strategis.

"Dari kondisi yang kemarin sudah kondusif, tapi memang pihak keamanan tetap siap siaga, bangun pos-pos yang di jalan Trans Papua," kata Mansur.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved