Breaking News:

Dua Kali Gubernur Sulawesi Barat Salah Baca Teks Pancasila saat Upacara, Ini yang Dilakukan Warga

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar sosoknya kembali diperbicangkan dan menjadi viral di media sosial.

Lyceum.id
Bendera Indonesia, Sang Saka Merah Putih 

TRIBUNPAPUA.COM – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar sosoknya kembali diperbicangkan dan menjadi viral di media sosial lantaran tertukar saat membaca sila Pancasila saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Minggu (10/11/2019).

Sebelumnya, kesalahan serupa juga pernah dilakukan Gubernur Sulbar saat membacakan teks Pancasila pada Peringatan Sumpah Pemuda di kantor Gubernur Sulbar, 2017 lalu.

Viral di IG, Toko yang Tak Jual Apapun tapi Punya Jadwal Buka, Penjelasan si Pemilik Bikin Terenyuh

Sejumlah warganet dan orang dekat gubernur membela dan menganggap hal tersebut manusiawi.

Namun, tak sedikit warganet menilai hal tersebut sebagai sebuah ketidakpantasan pejabat negara, apalagi ini sudah berulang kali terjadi.

Dalam video amatir berdurasi 1.41 menit itu Gubernur Sulbar tampak salah baca teks Pancasila yang ia pegang di depannya.

Kali ini, sila kedua yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, tertukar dengan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia.

Dari para peserta upacara yang sebagian besar sudah hapal teks Pancasila di luar kepala tersebut, terdengar suara mendua.

Sebagian peserta tetap membaca sila kedua dengan bunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” sesuai teks asli Pancasila.

Fotonya Viral, Para Karyawan Ini Pakai Helm saat Bekerja di Dalam Kantor, Lihat Videonya

Sementara, peserta lainnya ikut latah membacakan sila kedua Pancasila dengan bunyi “Persatuan Indonesia” mengikuti sang gubernur.

Meski gubernur tampak menganulir dan memperbaiki kembali urutan sila Pancasila yang salah baca di depan publik, namun video salah baca teks Pancasila untuk kedua kalinya tersebut kini kembali jadi viral di media sosial.

Warganet menghujat dan menganggap salah baca teks Pancasila untuk kesekian kalinya dari mantan bupati Polewali Mandar dua periode tersebut sebagai sesuatu yang tidak lumrah dan seharusnya tidak terjadi berulang kali.

(Kompas.com/ Kontributor Polewali, Junaedi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Sulbar Lupa Pakai Kacamata, Teks Pancasila Dibaca Tertukar"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved