Film Dokumenter 'Hutan Perempuan' Produksi Imaji Papua Berhasil Raih Nominasi Piala Citra 2019

Film Dokumenter Tonotwiyat atau Hutan Perempuan berhasil masuk nominasi Piala Citra Festival Film 2019.

Capture YouTube Imaji Papua
Film Dokumenter Imaji Papua Tembus Nominasi Piala Citra 2019 

TRIBUNPAPUA.COM - Film Dokumenter Tonotwiyat atau Hutan Perempuan berhasil masuk nominasi Piala Citra Festival Film 2019.

Film berdurasi 92 menit karya sineas muda Yulika Anastasia Indrawati mengangkat budaya warga Kampung Engros, Kota Jayapura, Papua.

Brimop Masih Jaga Papua Pascakerusuhan, Instruksi Penarikan Tunggu Kapolri Idham Azis

Film yang diproduksi secara independen oleh Imaji Papua masuk dalam kategori film dokumenter terpanjang terbaik.

Imaji Papua adalah komunitas yang mengembangkan konten-konten kreatif di Jayapura, dan salah satunya adalah memproduksi film independen.

Yulika mengatakan, perjalanan film ini cukup panjang. Dimulai dari riset pada tahun 2018 dan diproduksi pada Februari - Maret 2019.

Film ini diproduksi sebagai sebuah kepedulian terhadap lingkungan, dan kearifan lokal yang ada di Kota Jayapura.

"Ya, sekaligus mengaktualisasikan jiwa seni kami, dalam hal ini seni film," kata Yulika, dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Kamis (14/11/2019) malam.

Yulika mengaku, dalam masa pra produksi hingga produksi sebenarnya ada banyak kendala yang dihadapi, yakni minimnya budget dan peralatan yang minimal.

Ini Tiga Titik Rawan di Papua yang Diwaspadai TNI Jelang HUT OPM: Biasa Jadi Basis Mereka

Meski demikian, Yulika bersama Alfonso Dimara sebagai Director of Photography, dan crew yang terlibat yakni Hermalina Windessy, Robby Seseray dan Nunung Kusmiaty, tetap bertekat untuk bisa menghasilkan sebuah karya yang mengangkat nilai-nilai luhur budaya Papua.

"Saya pribadi berterimakasih kepada Kepala Kampung Enggros Bapak Orgenes Meraudje, Mama Lian Youwe, Mama Ani Meraudje dan warga Kampung Enggros karena dengan keterbatasan yang ada, mereka tetap bersedia menjadi subyek dalam film ini dan banyak membantu kami di lapangan," tutur Yulika.

Pada 24 Juni lalu, film ini diputar perdana di Abepura.

Selanjutnya, Yulika mengirimkan film ini untuk mengikuti kompetisi Festival Film Dokumenter (FFD) Jogja yang akan diselenggarakan 1-7 Desember mendatang.

(Kompas.com/ Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Film "Hutan Perempuan" Produksi Imaji Papua Masuk Nominasi Piala Citra 2019"

Tags
film
Papua
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved