Breaking News:

Sempat Pulang saat Kerusuhan, Pelajar Asal Papua Ini Kembali Sekolah di Semarang: Tetap Cinta Papua

Anderson Natkime menceritakan kisahnya ketika memutuskan kembali lagi ke Semarang selepas kepulangannya dari tanah Papua.

(KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Pelajar asal Papua yang ingin melanjutkan sekolahnya di Kota Semarang 

TRINBUNPAPUA.COM - Seorang pelajar kelas XII SMA Santo Michael Kota Semarang, Jawa Tengah Anderson Natkime menceritakan kisahnya ketika memutuskan kembali lagi ke Semarang selepas kepulangannya dari tanah Papua.

Sebelumnya, Anderson bersama puluhan pelajar asal Papua lainnya sempat kembali ke kampung halaman saat mendengar kabar kerusuhan yang marak tersebar di sosial media beberapa waktu lalu.

Komnas HAM Sindir Pemda Papua yang Kurang Berperan dalam Penanganan Kasus HAM: Ini Penting

“Setelah lihat di YouTube, saya kembali ke Papua, sebenarnya orang tua tidak menyarankan, tapi itu kemauan saya pribadi," kata Anderson di Kantor Gubernuran Jawa Tengah, Semarang, Jumat (15/11/2019).

"Tapi saya sadar kalau informasi yang didapat melalui sosial media tidak sesuai dengan realita di Papua," lanjutnya.

Tidak mau terprovokasi, ingin lanjut sekolah Saat ini, Anderson mengaku masih ingin menuntaskan studinya yang belum rampung di Kota Lumpia ini.

Dia tak mau terprovokasi dengan peristiwa kerusuhan di Papua yang digembor-gemborkan di sosial media karena akan mengganggu kegiatan belajarnya.

Menurut Anderson, masyarakat di Kota Semarang rata-rata seperti Papua. Karakter orangnya ramah, baik dan setelah mengenal bisa jadi teman dekat.

Bahkan sudah dianggap seperti keluarga sendiri.

Film Dokumenter Hutan Perempuan Produksi Imaji Papua Berhasil Raih Nominasi Piala Citra 2019

“Ini yang buat kami tambah nyaman, pengin di sini terus. Tapi hati kecil kami, tetap cinta Papua,” ucap pelajar asal Timika ini.

Sementara itu, siswa SMK Bagimu Negeri Semarang Susan Manuaron mengaku sejak awal sudah memutuskan untuk tidak kembali ke rumahnya di Nabire, Papua Barat karena sudah merasa betah tinggal di Semarang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved