Breaking News:

Menko Polhukam Mahfud MD Kunjungan Kerja ke Papua Jelang HUT OPM

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, bertolak ke Papua pada Jumat (29/11/2019).

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana, presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan periode 2019-2024 bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, bertolak ke Papua pada Jumat (29/11/2019).

Salah satu agenda yang akan dilakukan adalah memantau HUT Organisasi Papua Merdeka ( OPM) yang disebut jatuh pada 1 Desember.

Kronologi TNI Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua, Baku Tembak sekitar 15 Menit

"Ya (salah satunya memantau). Saya kunjungan kerja biasa. Saya akan berdialog dengan masyarakat sipil, termasuk juga akan kita lihat apa yang terjadi," ujar Mahfud kepada wartawan di Kantor Kemenko-Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Selatan, Jumat malam.

Terkait dengan kondisi di Papua, Mahfud yakin sudah kondusif.

Menurut mantan Menteri Pertahanan itu, tak ada masalah luar biasa di provinsi paling timur Indonesia itu.

"Saya kira biasa sajalah, datar-datar saja seperti yang sudah-sudah dan sudah jauh lebih membaik yang sudah-sudah," tutur Mahfud. Mahfud menuturkan, saat ini tidak ada letupan yang menimbulkan suasana menjadi lebih panas.

"Laporan-laporan yang masuk sudah mendingin (situasinya) jauh lebih dingin dan saya ke sana kunjungan kerja itu kan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," Mahfud.

Sementara itu, saat disinggung perihal kontak antara polisi dan warga sipil bersenjata di Nduga, Mahfud masih enggan berkomentar.

TNI Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua, Ini Keberadaan Egianus Kogoya

"Ya itu nanti kita lihat, " tambah Mahfud. Sebelumnya, Polri memastikan bahwa jumlah personelnya mencukupi dalam pengamanan wilayah Papua menjelang ulang tahun OPM yang diperingati setiap 1 Desember.

"Cukup, cukup," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

(Kompas.com/ Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang HUT OPM, Menko Polhukam Mahfud MD Kunjungan Kerja ke Papua"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved