Beri Bocoran soal Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil: Desainnya Bagus, Keren

Ridwan Kamil memberikan sedikit bocoran terkait desain ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Instagram/@ridwankamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil 

TRIBUNPAPUA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga menjadi salah satu dari 13 orang juri sayembara desain ibu kota baru Indonesia memberikan sedikit bocoran terkait desain ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, Presiden Joko Widodo telah memilih satu desain yang akan dijadikan konsep pembangunan ibu kota baru.

Jokowi Sudah Pilih Desain Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil: Pilihan Presiden Saya Kira Luar Biasa

"Kemarin presiden sudah memberikan arahan, sudah dipilih (satu) desain ibu kota baru di Kalimantan. Dari 570 peserta yang terpilih dan dijurikan oleh 13 orang, termasuk saya mewakili masyarakat dan keilmuan," kata Emil di Kantor Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (21/12/2019).

Emil mengungkapkan, dari desain yang terpilih, ibu kota baru akan memiliki identitas bangsa Indonesia yang sangat kuat.

"Insya Allah desain ibu kotanya bagus, keren, punya identitas ke-Indonesiaan yang kuat dan punya sustainibilitas yang baik," ungkapnya.

Meski memiliki konten lokal yang kuat, Emil memastikan, berdasarkan desain yang telah terpilih, ibu kota baru diproyeksikan menjadi kota pintar di kemudian hari.

Tinjau Ibu Kota Baru Bersama Jokowi, Mobil Rombongan Menteri Hampir Masuk Jurang

"Keunggulannya adalah identitas ke-Indonesiaan yang futuristik, punya kecerdasan kota di masa depan. Kalau dieksekusi dengan baik akan menjadi kota terbaik dunia," tuturnya.

Meski demikian, Emil tidak mau melangkahi kewenangan Presiden.

Menurut dia, konsep ibu kota baru secara detail akan dijabarkan oleh Presiden Jokowi termasuk siapa pemenang sayembara desain tersebut.

"Konsep masih rahasia akan diumumkan nanti tanggal 23 Desember baru boleh dipublikasi ke masyarakat. Desainer juga masih rahasia," katanya.

Soal Pemindahan Ibu Kota, Bappenas: Ini Bukan Proyek Besar Mengundang Kesempatan Bisnis Luar Biasa

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved