Kata Menteri Agama soal Jemaah Gelar Ibadah Natal di Seberang Istana

Menteri Agama akan meninjau lagi masalah penutupan GKI Yasmin dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Agama Fachrul Razi 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Agama Fachrul Razi mengaku akan meninjau lagi masalah penutupan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia.

Akibat penutupan Gereja itu, ratusan jemaah dari kedua gereja selalu menggelar ibadah natal di seberang Istana setiap tahunnya selama lima tahun terakhir.

Tak terkecuali pada Rabu (25/12/2019) kemarin.

"Oh nanti kita tinjau lagi, kita lihat," kata Fachrul usai menghadap Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Menurut Fachrul, mengatasi persoalan tersebut perlu dilakukan dengan cara dialog secara terbuka yang melibatkan semua pihak.

Di Timika Papua, Anak Muda Hindu, Budha, dan Islam Ikut Amankan Gereja saat Misa Natal

Ia juga menegaskan tak boleh ada yang memaksakan kehendak.

"Enggak boleh juga kemudian kita memaksakan kehendak. Ya kita coba dialog yang baik lah ya," ujarnya.

Ia menjelaskan, dialog nantinya harus diikuti semua pihak terkait, di antaranya perwakilan jemaat GKI Yasmin, HKBP Filadelfia, kelompok masyarakat, aparat keamanan, hingga pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan ada solusi, yang utama dialognya enggak boleh ditutup, harus dibuka," kata mantan Wakil Panglima TNI ini.

Juru Bicara acara ibadah Natal GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Jayadi Damanik berharap, kegiatan kebaktian natal di Taman Pandang bisa mengetuk hati Presiden Joko Widodo.

Remaja Masjid Ikut Amankan Misa Natal di Maumere, Potret Tolerasi Antarumat Beragama

Adapun pembangunan GKI Yasmin sendiri sudah terkatung-katung sejak 2008 dikarenakan adanya penolakan dari sejumlah warga di kawasan Curug Mekar, Bogor untuk membangun gereja tersebut.

"Harapan kami karena dia (Presiden Joko Widodo) bisa melihat dengan mata dan melihat dengan hati, oh ada warga negara yang begini. Tolonglah diselesaikan, tidak susah kok kalau Presiden Jokowi bisa merespons seperti ini, tidak susah," kata Jayadi kepada wartawan di lokasi, Rabu.

Jayadi berharap konflik keberadaan GKI Yasmin di Kota Bogor dan HKBP Filadelfia di Kabupaten Bekasi bisa diselesaikan secepatnya. Dia berharap sinegritas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

(Kompas.com/Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jemaah Gelar Ibadah Natal di Seberang Istana, Ini Kata Menteri Agama

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved