Breaking News:

BMKG Prediksi Iklim Tahun 2020 dan Berikan 4 Rekomendasi untuk Antisipasi Dampak Buruk

Beragam bencana terkait iklim telah menyebabkan berbagai persoalan dan dampak yang harus dihadapi masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang warga berjalan kaki di bawah awan mendung hitam pekat yang menyelimuti langit Kota Bandung sebelum turun hujan, di kawasan Gedebage, Selasa (20/2/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat akan berlangsung mulai Februari hingga Maret. 

TRIBUNPAPUA.COM - Beragam bencana terkait iklim telah menyebabkan berbagai persoalan dan dampak yang harus dihadapi masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

Lantas bagaimana perkiraan iklim di tahun 2020 mendatang?

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Prof Dwikorita Karnawati MSc PhD mengatakan bahwa beberapa hal terkait faktor-faktor penyebab iklim di tahun 2020 mendatang untuk sementara sudah dianalisis oleh BMKG.

Berikut beberapa faktor penyebab dan prediksi BMKG mengenai kecenderungan iklim (hujan dan kemarau) yang akan terjadi di tahun 2020.

BMKG Tanggapi Beredarnya Hoaks soal Tsunami dan Gempa Dahsyat Akhir Tahun: Cek Sumber Resmi

Musim Kemarau

Berdasarkan prediksi model El Nino BMKG hingga tahun 2020, kencenderungan Samudera Pasifik ekuator bagian tengah akan berada pada kondisi netral.

"Artinya kecil peluangnya akan muncul fenomena El Nino maupun La Nina di Samudera Pasifik," kata dia.

Sementara itu untuk Samudera Hindia, tidak terdapat indikasi akan munculnya fenomena IOD+ maupun IOD- yang kuat pada tahun 2020.

Pada awal tahun 2020 kondisi suhu muka laut perairan indonesia diprakirakan normal hingga cenderung hangat yang bertahan hingga Juni 2020.

Awal musim kemarau 2020 diprakirakan juga mirip dengan normal, yaitu sekitar April - Mei 2020.

BMKG Ingatkan Potensi Karhutla di Dua Provinsi Ini pada Awal 2020

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved