Soal Mundurnya Wakil Bupati Nduga, Kemendagri: Kami Percayakan ke Gubernur Papua

Kemendagri mempercayakan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe terkait rencana mundurnya Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge.

Soal Mundurnya Wakil Bupati Nduga, Kemendagri: Kami Percayakan ke Gubernur Papua
Kompas.com/Istimewa
Wakil Bupati Nduga, Wentius Nemiangge 

TRIBUNPAPUA.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mempercayakan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe terkait rencana mundurnya Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge.

"Sesuai Undang-Undang Pemerintah Daerah (Pemda) kami percayakan kepada Gubernur," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar saat dihubungi wartawan, Kamis (2/1/2020).

"Kami sudah berkomunikasi dengan Pemprov Papua sebagai pembina dan pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten atau kota dalam wilayah Provinsi Papua," ujar Bahtiar.

Wakil Bupati Nduga Mengundurkan Diri, Komisi II DPR Bakal Panggil Mendagri

Menurut Bahtiar, hal tersebut dikarenakan Pemprov Papua merupakan wakil pemerintah pusat di daerah.

Dengan demikian, Kemendagri mempercayakan Pemprov Papua untuk melakukan pembinaan.

"Kami percaya Pemprov Papua sebagai wakil pemerintah pusat bisa menyelesaikan dan menangani hal tersebut," kata dia.

Bahtiar mengatakan, tata cara mengundurkan diri atau pengajuan berhenti Kepala Daerah/Wakil Kepala daerah telah diatur dalam Pasal 78 dan Pasal 79 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

1 Tahun Konflik Nduga: Pembantaian Pekerja, Ribuan Warga Mengungsi, hingga Wabup Mengundurkan Diri

Namun, hingga saat ini surat pengunduran diri Wentius Nimiangge belum diterima baik oleh Pemerintah Provinsi Papua maupun Kemendagri.

Lebih lanjut Bahtiar mengatakan, saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah, termasuk pihak swasta dan masyarakat, sedang fokus, gencar membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Mulai dari perbaikan pelayanan masyarakat, membuka akses yang terisolasi, jaringan telekomunikasi, pelayanan kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, pariwisata dan lain-lain.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved