Soal Saham Gorengan, Jokowi: Semula Rp 100 Jadi Rp 4.000, BEI dan OJK yang Tegas Dong!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan ke OJK agar segera membersihkan dari praktik-praktik jual beli saham.

Soal Saham Gorengan, Jokowi: Semula Rp 100 Jadi Rp 4.000, BEI dan OJK yang Tegas Dong!
Instagram/jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUNPAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) agar segera membersihkan dari praktik-praktik jual beli saham.

Hal ini karena selama ini dianggap dapat mengurangi minat investor yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Momen saat Jokowi Sebut Prabowo Subianto Tamu Besar, Kemenhan Justru Berbisik: Anak Buah Pak

Pasalnya, banyak oknum manipulator yang memanfaatkan pasar saham untuk menguntungkan secara individual, namun berdampak kerugian terhadap negara.

"Dari 100 digoreng-goreng jadi 1.000, digoreng-goreng jadi 4.000. Goreng saham tidak boleh ada lagi, berikan perlindungan terhadap investor," kata Jokowi dalam pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2020, di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Jokowi pun mengingatkan kembali kepada ketiga institusi tersebut agar terus waspada dan mencermati pergerakan dari oknum manipulator.

"Jangan kalah dan hati-hati, harus bersih (terhadap manipulator). Karena bursa yang bersih dan berintegritas akan membawa dampak ke depan lebih baik lagi," ujarnya.

Bila di pasar saham tidak ada lagi manipulatif, maka investor domestik maupun asing akan berduyun-duyun masuk ke Indonesia untuk berinvestasi.

Lihat Momen Kaesang Ikut Jokowi Sambut Prabowo Subianto di Istana, Kompak Kenakan Kemeja Putih

Sebab menurut dia, Indonesia kini tengah dilirik banyak negara karena dinilai banyak potensi menguntungkan. 

"Penting sekali kepercayaan terhadap investor, itu penting! Kalau pembersihan dari para manipulator, memanipulasi, itu enggak benar. Dipoles-poles dari 100 jadi 4.000, hati-hati! Bersihkan dan hentikan ini! Saat ini negara kita jadi perhatian, banyak yang mau investasi. Jangan hilang gara-gara manipulator yang ingin mengambil keuntungannya sendiri," tegasnya.

"Kita semua harus jaga kepercayaan ini. Trust harus kita perjuangkan! Jangan menciderai kepercayaan investor kepada pasar," tambah dia.

Dalam pembukaan perdagangan awal tahun 2020, IHSG berhasil menembus level 6.300. IHSG dibuka naik ke posisi 6.313,13 atau menguat 13,59 poin.

(Kompas.com/ Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buka Perdagangan BEI 2020, Jokowi: Goreng Saham Tidak Boleh Ada Lagi!"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved