Kasus Jiwasraya, Kejagung Cekal 13 Orang dan Ada Kemungkinan Tersangka Bertambah

Kejaksaan Agung terus mengembangkan kasus PT Asuransi Jiwasraya. Saat ini sudah ada 13 orang yang dicekal.

Kasus Jiwasraya, Kejagung Cekal 13 Orang dan Ada Kemungkinan Tersangka Bertambah
Kontan/Carolus Agus Waluyo
Warga melintas di depan kantor Pusat Asuransi Jiwasraya Jakarta, Selasa (15/1). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membawa kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya ke Kejaksaan Agung. 

TRIBUNPAPUA.COM - Kejaksaan Agung terus mengembangkan kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Saat ini sudah ada 13 orang yang dicekal dan dimungkinkan akan adanya penambahan tersangka.

"Ada 13 orang yang kami lakukan untuk pencekalan, dimungkinkan saja (ada tersangka), dari situ masih ada," kata  Jaksa Agung Saniatar Burhanuddin saat meresmikan gedung Kejaksaan Negeri Kota Tangsel, Jumat (17/1/2020).

Barang-barang Mewah dari Rumah Tersangka Kasus Jiwasraya Disita Kejagung, Diangkut dengan Kontainer

Menurut Burhanuddin, sampai saat ini Kejaksaan Agung masih memeriksa saksi-saksi serta melakukan penggeldehan terkait kasus itu.

Bahkan, Kejaksaan Agung juga telah menyita beberapa aset milik lima orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dari wilayah Banten dan Jakarta.

"Belum dihitung (asetnya), tiap malam teman-teman itu sampai jam 3, jam 4 (pagi) lakukan penyitaan, jujur saja saya tidak mau penyitaan itu terus ramai. Gimana pun juga kita ingin penegakan hukum itu yang betul-betul sesuai koridor aturan dan tidak gaduh," kata Burhanuddin.

Akui Dapat Ancaman setelah Ada Kasus Jiwasraya dan Asabri, Erick Thohir: Jadi Makanan Sehari-hari

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menahan lima tersangka kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya selama 20 hari ke depan.

Kelima orang tersebut, yaitu Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat.

Kemudian, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan pensiunan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

Kelima tersangka ditahan di rumah tahanan (rutan) berbeda yang disebut untuk kepentingan pemeriksaan.

Bantah Aliran Uang Jiwasraya Masuk ke Dana Kampanye Pilpres, Wapres Maruf Amin: Isu Gorengan Itu

Unuk Benny Tjokro ditahan di Rutan Salemba cabang KPK, Hendrisman ditahan di Rutan Guntur, Heru ditahan di Rutan Kejagung, Syahmirwan di Rutan Cipinang, dan Harry ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Para tersangka disangkakan Pasal 2 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(Kompas.com/Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kejagung Cekal 13 Orang Terkait Kasus Jiwasraya, Tersangka Kemungkinan Bertambah

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved