Sebut Yasonna Mengalihtugaskan Ronny Sompie, Tim Hukum PDIP: Ingat, Bukan Mencopot

Koordinator Tim Hukum PDIP I Wayan Sudirta mengatakan, Menkunham Yasonna Laoly tak mencopot Ronny Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi.

Sebut Yasonna Mengalihtugaskan Ronny Sompie, Tim Hukum PDIP: Ingat, Bukan Mencopot
Kompas.com
Menkumham, Yasonna Hamonangan Laoly saat tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (3/7/2017). Yasona Laoly menjelaskan ketentuan itu berhubungan dengan seseorang yang dengan sengaja menujukkan alat kontrasepsi dan menunjukkan cara mendapatkannya bagi anak-anak. 

TRIBUNPAPUA.COM - Koordinator Tim Hukum PDIP I Wayan Sudirta mengatakan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tak mencopot Ronny Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi. 

Wayan menyatakan, Yasonna mengalihtugaskan Ronny ke dalam tim independen yang bertugas mencari tahu penyebab keterlambatan informasi kepulangan eks caleg PDIP Harun Masiku yang diduga terlibat kasus suap.

"Ingat bukan mencopot. Saya ulangi tidak mencopot, mengalihtugaskan dalam pengertian sementara tugas itu dialihkan. Bukan dicopot," kata Wayan di DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Yasonna Laoly Siap Mundur dari Jabatan Menkumham: Jika Ronny Sompie Tidak Salah

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah tegas Yasonna dalam menjawab pertanyaan publik terkait kasus Harun.

Ia menilai bukan tanpa alasan Yasonna membentuk tim independen untuk mencari fakta terkait kepulangan Harun Masiku.

"Waktu dulu kalau ada kasus-kasus gini desakan masyarakat mencopot pejabat. Sebenarnya apa yang dilakukan pengalihan tugas ini adalah bentuk lain dari aspirasi yang berkembang di waktu dulu," ujar Wayan.

Wayan pun berharap tidak ada lagi pihak yang menyudutkan Yasonna.

Reaksi ICW soal Yasonna Laoly Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie: Baiknya Dia Juga Dicopot Jokowi

Dia meminta masyarakat bersabar sementara tim independen bentukan Yasonna bekerja.

"Mudah-mudahan kami segera mendapatkan informasi itu (dari tim independen), sehingga dengan demikian orang tidak lagi mempertanyakan, menyerang, menyudutkan Menkumham dengan perkiraan-perkiraan atau dugaan-dugaan," tuturnya.

Diberitakan, Yasonna mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi Kemenkumham pada 28 Januari 2020 setelah menyampaikan informasi soal kepulangan Harun Masiku.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved