PDIP: Kami Sudah Sangat Kuat untuk Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada Solo

Ketua PDIP mengatakan, partainya memiliki cukup kursi di DPRD Kota Solo untuk mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada 2020.

PDIP: Kami Sudah Sangat Kuat untuk Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada Solo
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto. Bambang mengatakan, partainya memiliki cukup kursi di DPRD Kota Solo untuk mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada 2020. 

TRIBUNPAPUA.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan, partainya memiliki cukup kursi di DPRD Kota Solo untuk mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada 2020.

Ia mengatakan, secara matematis, PDIP tidak butuh berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung pasangan calon Wali Kota Solo 2020.

"Sudah sangat kuat kami untuk mencalonkan sendiri. Sudah lebih dari separuh," kata Bambang saat dijumpai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

SBY Restui Partai Demokrat Dukung Gibran di Pilkada Solo, Putra Sulung Jokowi Beri Tanggapan

Bambang menjelaskan, saat ini PDIP punya 30 kursi di DPRD Kota Solo.

Menurut dia, jumlah itu sudah lebih dari cukup dalam hal pencalonan kepala daerah apabila merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Syarat untuk mendaftar itu secara administratif ada 20 persen kursi. Kalau 20 persen, kursi hanya 9. PDIP di Solo kursinya 30," papar Bambang.

Meski demikian, ia mempersilakan apabila ada partai politik lain yang mau bergabung bersama PDIP dalam gelaran Pilkada Solo.

Dukungan Gerindra Surakarta terhadap Gibran di Pilkada Solo Dapat Restu dari Prabowo

Bambang menyebut, partai yang mau bergabung mesti menerima strategi yang ditetapkan PDIP di Solo.

"Kalau partai lain mau ikut ya, monggo. Tapi buat kebijakan penentuan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali kota Solo, PDIP punya strategi sendiri," kata Bambang.

"Bahwa kemudian strategi Kota Solo ini diterima oleh partai lain dan ikut mendukung ya monggo," imbuh dia.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved