Seluruh WNI dari China yang Selesai Jalani Karantina di Natuna Diterbangkan ke Jakarta

Sebanyak 285 warga negara Indonesia (WNI) yang sudah menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, akhirnya diterbangkan ke Jakarta.

Seluruh WNI dari China yang Selesai Jalani Karantina di Natuna Diterbangkan ke Jakarta
(KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
Tepat pukul 13.15 sebagian WNI yang telah menjalani masa karantina selama 14 hari di Hangggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) diterbangkan ke Jakarta. Hal ini juga merupakan tanda berakhirnya masa observasi dan karantina yang dilakukan pemerintah pusat terhadap WNI dari Wuhan, Sabtu (15/2/2020). 

TRIBUNPAPUA.COM - Sebanyak 285 warga negara Indonesia (WNI) yang sudah menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, akhirnya diterbangkan ke Jakarta.

Pesawat terakhir yang membawa WNI dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Sabtu (15/2/2020) sekitar 13.55 WIB sudah diterbangkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Seluruh WNI itu dijadwalkan tiba pada 15.00 WIB.

Hal ini menandai berakhirnya masa karantina yang dilakukan pemerintah terhadap WNI dari Wuhan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan 285 orang yang dikarantina dalam keadaan sehat semua.

Jokowi: Terima Kasih Sebanyak-banyaknya dan Sehormat-hormatnya untuk Warga Natuna

Muhadjir mengaku masyarakat Indonesia tidak perlu cemas, karena World Health Organization memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah menjalankan SOP karantina sesuai dengan badan kesehatan dunia.

"Jadi kembali saya tegaskan 238 WNI dari Wuhan termasuk 47 tim penjemput dalam keadaan sehat dan tidak ada satupun yang positif virus yang sedang heboh di China," tegas Muhadjir, di Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai, Sabtu (15/2/2020).

Pemulangan WNI yang dikarantina di Natuna berlangsung dengan tiga kali keberangkatan.

Mereka dibawa pesawat Boeing 737 dan Hercules milik TNI AU.

Pesawat pertama berangkat pada 13.15 WIB. Disusul dua pesawat lain setelahnya.

WNI dari Wuhan akan Tetap Dipantau Dinkes setelah Diobservasi di Natuna

Pantauan Kompas.com di lapangan, sebelum dilakukannya penerbangan, terlebih dahulu dilakukan serah terima 285 orang yang dikarantina ke pemerintah.

Serah terima ini dilakukan oleh Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Operasi Kemanusiaan Natuna (Pangkogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ke Pemerintah yang diwakilkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Bahkan dalam penyerahan ini juga disaksikan oleh Menteri Kesehatan Terawan dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo serta seluruh pejabat VIP yang turut hadir di Hanggar Lanud Raden Sadjad Ranai.

(Kompas.com/Kontributor Batam, Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Karantina di Natuna Berakhir, Seluruh WNI dari China Diterbangkan ke Jakarta

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved