WNI dari Wuhan akan Tetap Dipantau Dinkes setelah Diobservasi di Natuna

Observasi kesehatan terhadap 238 Warga Negara Indonesia di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pasca-evakuasi dari Provinsi Hubei, China telah berakhir.

WNI dari Wuhan akan Tetap Dipantau Dinkes setelah Diobservasi di Natuna
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). Menurut data Kementerian Kesehatan bahwa 238 orang WNI yang menjalani proses observasi sebagai antisipasi tertular virus Corona bahwa kesehatannya dalam keadaan baik dan sehat, tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala infeksi seperti demam, batuk dan pilek. 

TRIBUNPAPUA.COM - Observasi kesehatan terhadap 238 Warga Negara Indonesia di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pasca-evakuasi dari Provinsi Hubei, China telah berakhir.

Kecuali satu orang yang merupakan warga Natuna, mereka semua akan dipulangkan ke Jakarta pada hari ini (15/2/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkata bahwa setelah para WNI dan WNA selesai menjalani observasi, mereka akan langsung diberi surat keterangan sehat.

Jokowi: Terima Kasih Sebanyak-banyaknya dan Sehormat-hormatnya untuk Warga Natuna

Lantas setelah kembali ke daerahnya masing-masing, mereka akan menjadi tanggung jawab dinas kesehatan wilayah masing-masing.

Dinas kesehatan akan terus memantau dan melakukan surveilance tracking untuk membantu para WNI dan WNA, termasuk dalam hal sosialisasi dengan masyarakat dan keluarga.

"Observasinya sudha selesasi dan begitu observasi selesai. menurut WHO sudah tidak apa-apa. Tapi itu sebagai wujud tanggung jawab. Kalo ada sesuatu hal, misalnya masuk angin atau apa, merasa cemas, Dinkes yg akan memeriksa, menjelaskan," ujar Terawan dari Natuna, seperti dikutip dari tayangan KompasTV.

Dia melanjutkan, karena secara teori dari WHO, kalau sudah dua minggu ya sudah bebas.

Pengawasan Kesehatan WNI yang Dikarantina di Natuna, Meja Makan Disemprot Disinfektan 3 Kali Sehari

Perwakilan WHO yang hadir di lokasi, N Paranietharan, juga sependapat.

Dia berkata bahwa WHO merasa senang karena observasi telah berakhir dan tidak ada satu pun dari WNI dan WNA yang diobservasi mengalami gejala Virus Corona.

"Pesan kunci kita bagi semua orang adalah selama mereka tidak bergejala selama 14 hari, mereka boleh pulang. Ketika mereka kembali ke komunitasnya, tidak masalah untuk berada di dalam komunitas. It's perfectly fine. Tidak perlu khawatir tentang mereka," ujarnya.

"Nantinya, mereka tetap harus waspada seperti orang Indonesia lainnya, pastikan untuk selalu mencuci tangan agar terhindar dari (Covid-19). Itu saja," tutupnya.

(Kompas.com/Shierine Wangsa Wibawa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Usai Observasi di Natuna, WNI dari Wuhan Akan Tetap Dipantau Dinkes

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved