Breaking News:

Claus Wamafma Ditunjuk Jadi Direktur Freeport, Berapa Orang Papua yang Jadi Eksekutif di Freeport?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Claus Wamafma sebagai direktur di PT Freeport Indonesia (PTFI).

Editor: Astini Mega Sari
Tribunnews.com/Istimewa
Aktivitas tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg, Papua. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Claus Wamafma sebagai direktur di PT Freeport Indonesia (PTFI).

Claus Wamafma menjadi orang pertama asli Papua yang masuk jajaran direksi perusahaan yang masuk sebagai anggota holding BUMN pertambangan Indonesia itu.

Lalu sebenarnya, berapa banyak karyawan dari putra putri asli Papua yang memegang posisi penting atau eksekutif di Freeport Indonesia?

Dikutip dari data Publikasi Freeport Indonesia 2019 yang merujuk pada data per 31 Desember 2019, orang asli Papua yang menduduki posisi paling rendah di level manajer dan karyawan senior tercatat sebanyak 59 orang.

Freeport Akui Penutupan Tambang Grasberg Berdampak ke Ekonomi Papua

Jika dirinci lebih jauh, dari 59 orang eksekutif tersebut, pekerja asli Papua yang menjabat posisi level manajer dan karyawan senior sebanyak 50 orang, dan 9 orang menduduki posisi level vice president.

"Sejak tahun 1996 PTFI telah berkomitmen untuk melipatgandakan jumlah karyawan asli Papua yang memegang posisi manajemen strategis," tulis PTFI dalam keterangannya.

Sementara, keseluruhan karyawan asli kelahiran tanah Papua yang bekerja di perusahaan tersebut mencapai 2.890 orang atau sekitar 40,73 persen dari total karyawan.

Meski demikian, jumlah pekerja asli Papua ini masih lebih kecil ketimbang karyawan non Papua sebanyak 4.061 orang atau sekitar 57,23 persen.

Ditunjuk Jadi Direktur Freeport Asli Papua Pertama, Claus Wamafma Ungkap Tugasnya

Selain itu, dari total karyawan Freeport sebanyak 7.096 orang, terdapat sebanyak 145 karyawan asing atau sebesar 2,04 persen.

Selain dihitung dari karyawan Papua dan non Papua, Freeport Indonesia juga mencatat ada 476 karyawati atau sebesar 6,71 persen.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved