Breaking News:

BNPB Sebut Banjir Jakarta akibat Penurunan Muka Tanah

Kepala BNPB Doni Monardo menyebut, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta disebabkan oleh penurunan muka tanah.

Editor: Astini Mega Sari
Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga menggunakan perahu karet melintasi banjir yang menggenangi Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Hujan deras yang mengguyur sejak Minggu 23 Februari dini hari menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota Jakarta. 

TRIBUNPAPUA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo menyebut, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta disebabkan oleh penurunan muka tanah.

"Ya memang kalau kita lihat permukaan daratan ibu kota mengalami penurunan. Mungkin 20-30 tahun yang lalu, permukaan Jakarta itu masih sebagian besar ada di atas permukaan laut, ya sekarang ini datanya sudah mengalami penurunan," kata Doni saat ditemui di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

Jakarta Kembali Banjir, Wakil Ketua Bamus Betawi: Jangan Sentimen Sama Kinerja Anies

Menurutnya, penurunan ini karena pengambilan air tanah yang cukup banyak, akibatnya permukaan daratan yang lebih rendah menyulitkan air untuk keluar ke laut.

Sehingga penurunan muka tanah ini menyebabkan banyak tempat-tempat aliran airnya tersumbat, drainase yang tidak lancar, hingga sungai-sungai yang dipenuhi sampah.

Doni menuturkan, untuk menanggulangi banjir di Jakarta dan sekitarnya, tidak bisa dikerjakan oleh satu pihak atau satu lembaga tertentu.

Heran Kelapa Gading Banjir padahal di Sunter Kering, Warga Terdampak: Apa Benar Dibiarkan Tenggelam?

Walaupun komunitas-komunitas sudah bergerak, masih belum cukup untuk menanggulangi banjir di Jakarta, katanya perlu kesadaran dari berbagai pihak.

Doni juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan data dari BMKG setiap saat untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di tempat tinggal masing-masing.

"Ikuti perkembangan, data dari BMKG setiap saat para petugas selalu mengingatkan, BPBD kemudian juga sampai tingkat desa, para pemuda-pemuda yang ada di daerah-daerah yang biasa lazimnya selalu mengalami banjir," ujar Doni.

(Kompas.com/Firda Zaimmatul Mufarikha)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banjir Melanda Jakarta, BNPB Sebut Akibat Penurunan Muka Tanah

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved