Breaking News:

Kementerian Kesehatan Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan Virus Corona

Kementerian Kesehatan menambah 32 rumah sakit sebagai rumah sakit rujukan bagi warga yang diduga terinfeksi Virus Corona.

KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI
RSPI Sulianti Saroso, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara jadi rujukan untuk merawat orang yang diduga terkena virus corona 

TRIBUNPAPUA.COM - Kementerian Kesehatan menambah 32 rumah sakit sebagai rumah sakit rujukan bagi warga yang diduga terinfeksi Virus Corona. 

Direktur Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan, Kemenkes telah menyiapkan seratus rumah sakit untuk rujukan pasien suspect Corona.

"Kita punya 100 rumah sakit rujukan, semua itu sudah disiapkan. Kemudian ini akan diperluas karena kita harus melihat potensi itu, sedang dipersiapkan, nanti ada 32 yang akan ditambahkan untuk menjadi rumah sakit rujukan," Bambang di Kantor Kemenkes, Senin (2/3/2020).

Berikut Ciri-ciri Orang yang Terinfeksi Virus Corona, Lakukan 11 Cara Ini untuk Pencegahan

Bambang mengatakan, rumah sakit yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan akan melakukan simulasi bersama seluruh komponen, antara lain dinas kesehatan dan pusat kesehatan primer setempat.

"Simulasi tidak dilakukan sendiri, termasuk rujukan fasilitas kesehatan itu dilakukan, termasuk bagaimana standar mengambil material, kemudian media yang digunakan, kemudian transportnya seperti apa, semua sudah distrandarisasi," kata Bambang.

Adapun Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah memutuskan bahwa biaya fasilitas layanan kesehatan perawatan dan rujukan dibebankan pada Negara.

WN Jepang Positif Corona Bisa Lolos Masuk Indonesia, Menkes: Mungkin Dia Minum Obat, Tak Terdeteksi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Virus Corona Covid-19 di Indonesia.

Dua warga Depok, seorang ibu (64) dan putrinya (31) positif Virus Corona setelah melakukan kontak dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Saat ini keduanya diisolasi di Rumah Sakit Pusat Inveksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

(Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenkes Tambah Rumah Sakit Rujukan Virus Corona

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved