Pastikan Anggaran Penanganan Corona Bukan Jadi Masalah, Seskab Pramono Anung: Sangat Cukup

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, anggaran bukan jadi persoalan bagi pemerintah dalam menangani Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Tribunnews.com/Imanuel Nicolas Manafe
Sekretaris Kabinet Pramono Anung 

TRIBUNPAPUA.COM - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, anggaran bukan jadi persoalan bagi pemerintah dalam menangani Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Ia menyebut, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar anggaran selalu tersedia untuk penanganan penyebaran Virus Corona.

"Kemarin dalam rapat sidang kabinet paripurna, Presiden sudah menyampaikan bahwa untuk ini anggaran harus tersedia untuk itu. Jadi anggaran tidak menjadi isu bagi Indonesia," kata Pramono di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Biaya Perawatan Pasien Virus Corona Ditanggung Negara

Menteri Keuangan Sri Mulyani, lanjut Pramono Anung, juga telah berkomitmen tentang kelancaran penganggaran.

Meski demikian, Pramono Anung enggan mengungkapkan berapa anggaran yang disiapkan pemerintah untuk penanganan penyebaran Virus Corona.

"Sangat cukup ya," kata Pramono.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku, hingga Senin (2/3/2020) lalu, dirinya belum menyiapkan skema anggaran khusus terkait dana darurat penanganan pasien terjangkit Virus Corona.

Jika Sudah 2 Kali Dinyatakan Negatif, Dua Pasien Virus Corona Bakal Diperbolehkan Pulang

Pihaknya masih menunggu skema penanganan dan kebutuhan dana dari Kementerian Kesehatan.

"Kami belum tahu (anggaran khusus untuk pasien Virus Corona). Dari Kementerian Kesehatan mengenai skema untuk menanganan dan kebutuhan dananya," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (2/3/2020).

"Jadi yang terjadi seperti waktu SARS, maka ini tergantung Kementerian Kesehatan, terhadap penggunaan anggaran menangani virus ini atau prioritas ini," lanjut dia. 

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengungkapkan beberapa stimulus untuk mencegah dampak Corona seperti kartu sembako, diskon liburan dan insentif untuk maskapai dan agen perjalanan.

(Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Seskab Pastikan Anggaran Penanganan Corona Bukan jadi Masalah

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved