Breaking News:

Ahli Sebut Perokok akan Lebih Mudah Terjangkit Virus Corona, Ini Penjelasannya

Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Feni Fitriani mengatakan orang yang merokok akan lebih mudah terjangkit Virus Corona

news.pindula.co.zw
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNPAPUA.COM - Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Feni Fitriani mengatakan orang yang merokok akan lebih mudah terjangkit Virus Corona (Covid-19).

"Bahwa pada orang yang merokok itu memang meningkatkan reseptor ACE2 itu kan tempat yang juga diduduki oleh si virus, sehingga kalau orang merokok reseptor atau tempat duduknya lebih banyak. Jadi virusnya rame-rame bisa datang," kata Feni di Kantor IDI, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Biologi dan Pendidikan Tinggi Eijkman Kementerian Riset dan Teknologi, Amin Soebandrio berpendapat senada.

"Merokok dapat mengubah sel paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi corona melalui peningkatan ACE2 di sel tubuh," ungkap Amin.

WHO Surati Jokowi, Minta Indonesia Segera Umumkan Darurat Nasional Virus Corona

Ia kemudian mengungkapkan data dari sebuah jurnal berjudul Epidemiological and Clinical Features of The 2019 Novel Coronavirus Outbreak in China.

Dalam jurnal tersebut disebutkan keparahan coronavirus pada laki-laki di China lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Hal ini disebabkan karena laki-laki di China kebanyakan adalah perokok berat.

Studi itu juga menyebutkan 61,5 persen penderita pneumonia berat akibat coronavirus adalah laki-laki dan tingkat kematian 4,45 persen pada pasien laki-laki dan 1,25 persen pada pasien perempuan.

"Melihat temuan di atas, masyarakat perlu mengetahui bagaimana perilaku merokok memiliki resiko lebih tinggi terhadap infeksi dan perparah komplikasi Covid-19," jelas Amin.

Tanpa Lakukan Lockdown, Kasus Virus Corona di Korea Selatan Bisa Menurun, Ini Kuncinya

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyampaikan kabar duka terkait penyebaran Virus Corona di Indonesia.

Hingga Jumat (13/3/2020), Yuti menyebutkan ada tambahan tiga pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

"Data yang saya berikan adalah hasil tracing yang dilaksanakan sejak dua hari lalu, sejak kami rilis 34 (kasus), sampai tadi siang,'' ujar Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat sore.

Dengan demikian, total ada empat orang yang meninggal dunia akibat penyebaran Virus Corona.

(Kompas.com/Sania Mashabi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pakar Sebut Perokok Lebih Mudah Terjangkit Covid-19

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved