Virus Corona Merebak, Anies Tunda Pelaksanaan UN SMA dan SMK di DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sekolah selama dua pekan, terhitung mulai Senin (16/3/2020).

Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). 

TRIBUNPAPUA.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup sekolah selama dua pekan, terhitung mulai Senin (16/3/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, seiring dengan kebijakan tersebut, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK di Jakarta pun ditunda.

"Pemprov DKI memutuskan untuk menutup semua sekolah di lingkungan Jakarta. Dan bagi peserta UNBK yang akan berlangsung Senin besok itu juga ditunda," kata Anies di Balaikota, Sabtu (14/3/2020).

Jakarta Siaga Corona, Anies Baswedan Liburkan Sekolah Selama 2 Minggu

Anies menjelasakan, penutupan dan penundaan UNBK akan berlangsung hingga situasi dan kondisi mengenai penyebaran Virus Corona di Jakarta mereda.

"Akan mereview di pekan kedua untuk mengetahui perkembangannya," katanya.

Anies mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah merujuk pada kajian yang menunjukkan bahwa anak-anak tidak banyak terjangkit Covid-19, namun mereka dinilai menjadi penghantar penularan.

"Jadi meskipun angkanya kecil tapi mereka bisa menularkan dari satu pribadi ke pribadi yang lainnya. Karena kegiatan belajar mengajar turut melibatkan orang dewasa baik mengantar maupun menjemput itu potensi peningkatan," katanya.

Solo KLB Virus Corona: Pemkot Liburkan Siswa 2 Minggu, Tempat Wisata Ditutup, CFD Ditiadakan

Selain meliburkan sekolah dan menunda UNBK, Anies juga meliburkan kegiatan kursus pendidikan formal maupun nonformal, guna menghindari penularan Virus Corona.

"Ada kursus pendidikan informal dan formal untuk menunda kegiatan belajar mengajar secara langsung. Itu juga harus dilakukan dengan jarak jauh untuk mengurangi terjadinya penularan," tutupnya.

(Kompas.com/Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cegah Covid-19, Anies Putuskan Tunda Pelaksanaan UN SMA dan SMK di DKI

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved