China Gelar Latihan Militer di Tengah Wabah Corona, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Geram

Kemarahan ditunjukkan Taiwan, setelah China menggeber latihan militer. Padahal, kedua negara itu masih berjibaku dengan wabah Virus Corona.

China Gelar Latihan Militer di Tengah Wabah Corona, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen Geram
(Militer China)
Latihan militer China di Jinan, dekat perbatasan dengan Korea Utara. 

TRIBUNPAPUA.COM - Kemarahan ditunjukkan Taiwan, setelah China menggeber latihan militer.

Padahal, kedua negara itu masih berjibaku dengan wabah Virus Corona.

Taipei pun harus mengerahkan jet tempurnya sebagai respons manuver Beijing, yang ingin menunjukkan angkatan perang mereka masih kukuh di tengah wabah.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen merespons tindakan itu dengan melontarkan kicauan di Twitter, disertai gambar dia meninjau pasukan.

"Ketika dunia bergulat dengan parahnya Covid-19, manuver militer China di sekitar Taiwan terus berlanjut," kata Presiden Tsai.

"Apakah itu demi pertahanan negara atau mencegah penyebaran wabah, militer kami tetap siaga seperti biasa," tegas dia dikutip AFP Rabu (25/3/2020).

Beijing terus menggeber latihan militer sejak Tsai, pemimpin yang menolak prinsip wilayahnya adalah bagian dari "satu China", berkuasa di 2016.

Ketegangan tersebut sempat mereda setelah Negeri "Panda" bergulat melawan Virus Corona yang menjangkiti 81.218, dan membunuh 3.281 orang.

Kementerian Pertahanan Taiwan menerangkan, Negeri "Panda" sudah melakukan latihan dengan menyasar empat target sepanjang tahun ini.

Bagi Taipei, apa yang dilakukan Beijing jelas merupakan bukti mereka sengaja melakukan provokasi dan ancaman terhadap kedaulatan mereka.

Halaman
12
Editor: mohamad yoenus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved