Ini 6 Cara yang Bisa Membantu Membersihkan Paru-paru, Hirup Udara Segar hingga Latihan Pernapasan

Udara yang kita hirup bisa saja terkontaminasi dengan polutan atau udara yang bercampur dengan partikel debu hingga asap rokok.

theconversation.com
Ilustrasi paru-paru 

TRIBUNPAPUA.COM - Udara yang kita hirup bisa saja terkontaminasi dengan polutan atau udara yang bercampur dengan partikel debu hingga asap rokok.

Diketahui, partikel debu sampai asap rokok yang terperangkap dalam partikel udara lalu masuk ke paru-paru kita.

Paru-paru kita sebetulnya sebagian besar merupakan organ yang memiliki mekanisme pembersihan diri, tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu paru-paru berfungsi pada tingkat optimal.

Membersihkan paru-paru mungkin bermanfaat terutama bagi individu yang memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), fibrosis kistik, dan lainnya.

Seorang perokok berat atau orang yang harus menggunakan obat-obatan inhalasi tertentu juga bisa mendapatkan manfaat dari membersihkan paru-paru.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan paru-paru, termasuk melakukan perubahan gaya hidup dan berolahraga untuk membantu membersihkan paru-paru dari cairan:

Dokter RS Persahabatan Tanggapi Banyaknya Bilik Penyemprotan Disinfektan: Itu Malah Bahaya

1. Menggunakan pembersih udara

Mulailah membersihkan paru-paru dengan memperbaiki kualitas udara di rumah.

Kamu bisa membeli alat penyaring udara (air filter) yang dapat ditempatkan di masing-masing kamar atau berinvestasi di alat pembersih udara untuk rumah tangga.

2. Mengganti saringan udara

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved