Jika PON 2020 Papua Ditunda, Menpora Zainudin Amali: Opsi Terbaik Digelar pada Oktober 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menilai Oktober 2021 adalah waktu terbaik yang bisa dipilih jika pada akhirnya PON 2020 Papua ditunda.

Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menilai Oktober 2021 adalah waktu terbaik yang bisa dipilih jika pada akhirnya PON 2020 Papua ditunda.

Status PON 2020 Papua saat ini menjadi pertanyaan menyusul pandemi Virus Corona di Indonesia yang belum reda.

Menpora dalam beberapa minggu terakhir sudah didesak untuk menunda PON 2020 seperti dari KONI pusat atau daerah hingga Komisi X DPR RI.

Meski sudah didesak, Zainudin Amali memastikan PON 2020 belum ditunda karena menunggu keputusan Presiden Joko Widodo di rapat kabinet.

Jika akhirnya Presiden Jokowi memutuskan menunda, Zainudin Amali menyebut Oktober 2021 adalah waktu yang tepat untuk dijadikan jadwal pengganti.

"Tahun 2021 selain Oktober relatif semua bulan sudah terisi. April itu bulan puasa dan juga lebaran. Kemudian Mei-Juni ada Piala Dunia U20," kata Zainudin Amali, Rabu (14/4/2020).

"Juli-Agustus ada Olimpiade. September kemungkinan ada peringatan hari olahraga nasional. November SEA Games di Vietnam," ujar Zainudin Amali.

Pandemi Corona Belum Berakhir, Komisi X DPR dan Kemenpora Sepakat PON XX di Papua Ditunda

"Belum lagi nanti ada MotoGP Mandalika dan kejuaraan olahraga junior. Usulan dari KONI juga bulan Oktober. Kita lihat perkembangan dulu," tutur Zainudin Amali menambahkan.

Lebih lanjut, Zainudin Amali juga menyebut Maret 2021 bisa menjadi opsi. Hanya saja usulan tersebut langsung ditolak oleh KONI.

"Ada opsi lain bulan Maret 2021. Namun, banyak KONI daerah yang tidak setuju karena anggaran pembiayaan dari APBD belum turun," kata Zainudin amali. 

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved