Breaking News:

Virus Corona

Minta AS Berhenti Menyalahkan Mereka atas Wabah Corona, China: Kami Juga Korban, Kami Bukan Penjahat

China meminta AS untuk berhenti menyalahkan mereka atas wabah Virus Corona, seraya menyebut mereka juga adalah korban.

Editor: Astini Mega Sari
(AFP/HECTOR RETAMAL)
Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. 

TRIBUNPAPUA.COM - China meminta AS untuk berhenti menyalahkan mereka atas wabah Virus Corona, seraya menyebut mereka juga adalah korban.

Juru bicara kementerian luar negeri Geng Shuang menyatakan, saat ini dunia harusnya bersatu, bukan malah menyalahkan atau meminta ganti rugi.

Geng mengatakan, komunitas internasional bisa mengatasi Virus Corona jika menyatukan tangan dan bekerja sama untuk membuat kebijakan.

"Menyerang dan mendiskreditkan negara lain hanya membuang waktu dan tidak akan menyelamatkan nyawa," kata dia dalam jumpa pers di Beijing.

Dia menyatakan dikutip SCMP Senin (20/4/2020), warga AS harus memahami bahwa musuh sebenarnya yang tengah mereka hadapi adalah Covid-19, bukan Beijing.

Melihat dari China, Epidemiolog Ingatakan Gelombang Kedua Covid-19 di Indonesia: Bisa Lebih Besar

"China sudah diserang dan menjadi korban virus itu. Kami bukanlah penjahat, atau bertanggung jawab atas wabah ini," tutur Geng.

Komentar Geng terjadi setelah muncul seruan agar digelar penyelidikan internasional bagaimana penanganan Negeri "Panda" atas wabah.

Pertama kali merebak di Wuhan pada akhir Desember 2019, Covid-19 sudah menjangkiti lebih dari 2,4 juta dan membunuh 170.000 orang di seluruh dunia.

Dalam konferensi pers Minggu (19/4/2020), Presiden AS Donald Trump menuturkan, dia sudah berbicara kepada Beijing terkait pengiriman tim pakar untuk menggelar penyelidikan.

Sehari sebelumnya (18/4/2020), dia memperingatkan Negeri "Panda" bisa menghadapi konsekuensi serius jika terbukti bertanggung jawab.

Peringatkan China Bakal Hadapi Konsekuensi atas Wabah Corona, Trump: Kesalahan adalah Kesalahan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved