Breaking News:

Virus Corona

Kisah 2 Dokter Wanita yang Rawat Pasen Covid-19: Kalau Kami Takut, Siapa yang Obati Pasien?

Ririek Perwitasari dan dokter Roudhotul Ismaillya Noor merupakan dua sosok "Kartini" di garis depan penangan wabah Covid-19 di Banyuwangi.

(dok Humas Pemkab Banyuwangi)
Dokter Ririek dan dokter Emil, dua perempuan yang berperan penting untuk penanganan Covid-19 di Banyuwangi 

TRIBUNPAPUA.COM - Ririek Perwitasari dan dokter Roudhotul Ismaillya Noor merupakan dua sosok "Kartini" masa kini yang berada di garis depan penangan wabah Virus Corona Covid-19 di Banyuwangi.

Dokter Ririek adalah dokter spesialis paru RSUD Blambangan Banyuwangi yang menjabat sebagi Ketua Tim Covid 19 di RS rujukan resmi pemerintah tersebut.

Sedangkan dokter Roudhotul Ismaillya Noor adalah dokter spesialis patologi klinik yang melakukan tes swab pada PDP.

 

Sebagai Ketua Tim Covid-19, dokter Ririek memimpin 30 orang yang terdiri dari tim dokter, tim perawat, dan tim laboratorium.

Tanggung jawab tim yang dipimpin dokter Ririek mulai dari memeriksa pasien, menentukan status pasien sebagai PDP hingga positif, merawat pasien, mengelola pemeriksaan swab, hingga menyatakan kesembuhan pasien.

“Kami bekerja dalam tim, bahu membahu satu sama lain sesuai dengan tugasnya masing-masing. Namun, tanggung jawab tetap ada di pundak saya sebagai ketua tim,” ujar Ririek dilansir dari rilis Pemkab Banyuwangi, Rabu (21/4/2020).

Saat menangani kasus pandemi Covid-19, Ririek mengaku sempat khawatir. Namun ia yakin bisa melakoni perannya.

“Awalnya memang takut, apalagi beberapa waktu lalu ada PDP meninggal. Tapi kembali lagi ke tanggung jawab, kalau kami takut, lalu siapa yang akan merawat dan mengobati pasien,” ujar dia.

Ia juga mengaku sempat merasa ada jarak dengan rekan dokter dan perawat ruangan non infeksius setelah mereka bergelut dengan corona.

“Ya itu sih risiko sosial. Kami hanya bisa memberi pengertian. Dan Alhamdulillah, sampai sekarang kami semua sehat, bahkan sudah di rapid test juga hasilnya non reaktif,” ujarnya.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved